Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengakuan Jenderal Andika: Pasukan Kami Memang Sudah di-BKO

Minggu, 10 April 2022 – 06:30 WIB
Pengakuan Jenderal Andika: Pasukan Kami Memang Sudah di-BKO - JPNN.COM
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memastikan prajurit TNI tidak akan bertindak represif saat membantu polisi menjaga aksi demo 11 April 2022. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengakui pasukannya sudah disiapkan untuk ikut membantu Polri melakukan pengamanan aksi demo 11 April 2022.

Aksi demo 11 April 2022 akan digelar Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) di sejumlah kota di tanah air, termasuk di depan Istana Presiden, Jakarta.

Jenderal Andika memastikan prajurit TNI tidak akan bertindak represif saat membantu polisi menjaga aksi demonstrasi mahasiswa.

Panglima TNI mengatakan hal itu saat bertemu Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di Jakarta, Sabtu (9/4).

“Kami berterima kasih sudah diingatkan oleh Ketua DPD RI. Pasukan kami memang sudah di-BKO (Bawah Kendali Operasi) ke Polda dan Polres untuk antisipasi aksi, tetapi kami tegaskan bahwa TNI dan seluruh jajaran tetap disiplin, sesuai tugas pokok, fungsi, dan kewenangannya,” kata Jenderal Andika di hadapan LaNyalla.

LaNyalla sebelumnya meminta aparat penegak hukum yang bertugas mengawal aksi unjuk rasa mahasiswa di berbagai kota untuk memfasilitasi hak mereka menyampaikan pendapat di muka umum.

“Adik-adik mahasiswa ini sebagai saluran dari suara rakyat harus dihargai dan diterima dengan baik,” kata LaNyalla sebagaimana dikutip dari siaran tertulisnya yang diterima di Jakarta.

Dia juga sudah bicara dengan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar mengingatkan jajarannya yang bertugas agar tidak represif terhadap mahasiswa peserta aksi demo 11 April.

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengakui pasukan TNI memang sudah di-BKO ke Polda dan Polres. Simak pernyataan selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close