Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat: Amien Rais Masih Jadi Penentu Kemenangan Kandidat Ketum PAN

Rabu, 15 Januari 2020 – 19:18 WIB
Pengamat: Amien Rais Masih Jadi Penentu Kemenangan Kandidat Ketum PAN - JPNN.COM
Pengamat politik Emrus Sihombing. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Figur Amien Rais di Partai Amanat Nasional (PAN) masih sangat kuat. Bahkan siapa pun yang didukung, hampir dipastikan memenangkan Kongres PAN 2020.

Pengamat Politik Emrus Sihombing menilai tak ada satu pun kader PAN yang bisa membantah pernyataan Amien Rais. Bahkan, Zulkifli Hasan tak punya kekuatan untuk melawan pendiri partai itu.

“Jadi, siapa pun yang didukung Amien Rais pasti menang,” kata Emrus kepada wartawan, Rabu (15/1/2020).

Hal itu terbukti dari setiap Kongres PAN ketika Amien berpihak pada kandidat tertentu maka kandidat dimaksud dipastikan menang. Termasuk kemenangan Zulkifli Hasan di Kongres PAN IV.

"Bagi yang meninggalkan Amien Rais, secara otomatis saya berkeyakinan kalau bahasa kasarnya kader tersebut bakal kualat,” katanya.

Senada, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review Ujang Komarudin menilai figur Amien Rais masih sangat kuat di Partai Amanat Nasional (PAN). Bahkan, Ketua Dewan Kehormatan PAN itu masih mampu menentukan kemenangan kandidat di kongres PAN nanti.

“Ingat waktu pemilihan ketum PAN lima tahun lalu. Terjadi pertarungan antara Zulhas dengan Hatta Radjasa. Dan yang menang Zulhas karena di back up Amien Rais. Suara dan perintah Amien Rais masih diikuti oleh para kader PAN," kata Emrus kepada wartawan, Rabu (15/1).

Menurutnya, dukungan Amien Rais di kongres memiliki pengaruh besar terhadap kandidat. Siapa pun kandidat yang didukung berpeluang meraih kemenangan.

Figur Amien Rais di PAN masih sangat kuat. Bahkan siapa pun yang didukung, hampir dipastikan memenangkan Kongres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close