Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Celios: Perubahan Pola Konsumsi dari Offline ke Online Dorong Perkembangan Produk Digital

Selasa, 09 Juli 2024 – 17:30 WIB
Pengamat Celios: Perubahan Pola Konsumsi dari Offline ke Online Dorong Perkembangan Produk Digital - JPNN.COM
Direktur Ekonomi Digital CELIOS Nailul Huda menyebut perubahan pola konsumsi dari offline ke online telah mendorong perkembangan produk digital, termasuk produk keuangan. Foto: Great Edu

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Ekonomi Digital CELIOS Nailul Huda mengatakan perubahan pola konsumsi dari offline ke online telah mendorong perkembangan produk digital, termasuk produk keuangan yang makin diadopsi melalui teknologi digital, yang dikenal sebagai financial technology atau fintech.

Data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menunjukkan peningkatan jumlah pemain di industri fintech, mengakibatkan pertumbuhan layanan keuangan yang masif.

Misalnya, penggunaan dompet digital di Indonesia melonjak hingga 200 persen pada 2019, dan penyaluran kredit melalui fintech pinjaman daring atau P2P Lending juga menunjukkan pertumbuhan positif meskipun di tengah pandemi.

Di sisi lain, masyarakat makin enggan menggunakan layanan keuangan fisik dan beralih ke layanan digital.

"Jumlah kunjungan ke kantor cabang bank menurun drastis, dengan data Bank Indonesia mencatat penutupan lebih dari 5.000 kantor cabang bank antara 2019 hingga 2023," ujarnya.

Fenomena ini mencerminkan pergeseran signifikan dalam akses layanan keuangan, dengan fintech menjadi salah satu pilihan utama.

Salah satu layanan fintech yang tumbuh pesat adalah fintech P2P Lending, yang mengalami peningkatan tahunan pengguna sebesar 59 persen selama periode 2020-2023, dibandingkan dengan pertumbuhan kartu kredit yang hanya 0,5 persen.

"Masyarakat yang unbankable atau underserved lebih memilih pembiayaan digital alternatif seperti fintech P2P Lending," katanya.

Perubahan pola konsumsi dari offline ke online telah mendorong perkembangan produk digital, termasuk produk keuangan yang makin diadopsi melalui fintech.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close