Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Kelistrikan Okky Setiawan Beber Tugas Berat Dirut PLN

Kamis, 28 November 2019 – 17:44 WIB
Pengamat Kelistrikan Okky Setiawan Beber Tugas Berat Dirut PLN - JPNN.COM
Petugas PLN saat melakukan pemeliharaan jaringan listrik. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Utama PLN yang baru harus memiliki kemampuan dalam mengatasi ancaman krisis global yang diperkirakan terjadi di tahun-tahun mendatang.

Pengamat kelistrikan Okky Setiawan mengatakan, salah satu tugas berat yang akan diemban dirut PLN mendatang adalah menghadapi ancaman krisis global yang dikhawatirkan memengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

Pasalnya, PLN memiliki sejumlah kewajiban termasuk membeli listrik dari pengembang listrik swasta (independent power producer/IPP) dalam mata uang dolar. Sementara PLN menjual listrik kepada konsumen di dalam negeri dalam mata uang rupiah, termasuk sejumlah proyek kelistrikan dalam program 35 ribu MW.

Karenanya, menurut Okky Setiawan, dirut PLN terpilih nantinya harus berani melakukan negosiasi dengan IPP untuk menetapkan nilai tukar dalam kontrak (power purchase agreement/PPA) dengan besaran yang tidak memberatkan konsumen dan juga keuangan PLN, misalnya sebesar Rp 12.000 per dolar AS.

“Kenapa harus dipatok? Karena situasi ekonomi global tahun depan akan menghantui Indonesia. Bukan tidak mungkin terjadi lonjakan kurs dollar AS. Jika hal ini terjadi, akan membuat lesu kegiatan investasi kelistrikan di Indonesia, termasuk program 35 ribu MW. Dengan dipatok dari awal di PPA, menurut saya juga akan membuat investor lebih tenang karena ada jaminan kepastian dengan PLN,” katanya.

Siapa sosok yang pas menjadi dirut PLN? Menurut Okky, selain syarat di atas, dirut PLN juga harus menguasai masalah kelistrikan mulai dari pembangkitan, transmisi dan juga distribusi, serta keuangan. Sosok itu juga harus bisa bekerja sama dan sejalan dengan kebijakan pemerintah.

Pengamat Kelistrikan Okky Setiawan Beber Tugas Berat Dirut PLN

Pengamat kelistrikan Okky Setiawan. Foto: Istimewa for JPNN.com

Pengamat kelistrikan Okky Setiawan menjelaskan tugas-tugas berat yang harus diemban Dirut PLN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close