Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Menyoroti Wacana Kenaikan BBM Pertalite, Mengungkit soal IKN, Jleb!

Rabu, 24 Agustus 2022 – 06:41 WIB
Pengamat Menyoroti Wacana Kenaikan BBM Pertalite, Mengungkit soal IKN, Jleb! - JPNN.COM
Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute Achmad Nur Hidayat menilai wacana kenaikan Pertalite dan Solar lebih berisiko ketimbang menunda IKN. Ilustrasi SPBU: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute Achmad Nur Hidayat menilai wacana kenaikan Pertalite dan Solar lebih berisiko ketimbang menunda Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan menaikan harga Pertalite dan Solar.

"Tentunya ini bukan kabar gembira bagi rakyat karena kenaikan BBM ini akan berimbas kepada kenaikan harga barang-barang pokok dan lebih berisiko ketimbang menunda IKN" ujar Achmad, Selasa (23/8).

Sebagaimana yang diberitakan sebelum-sebelumnya subsidi BBM telah menghabiskan anggaran senilai Rp 502,4 triliun.

Anggaran besar tersebut digunakan untuk menjaga agar angka inflasi tidak melonjak tinggi.

"Ternyata subsidi yang dikorbankan sehingga risiko inflasi tentu saja jadi konsekuensi yang akan dihadapi oleh bangsa ini," kata Achmad.

Menurut Achmad, di tengah kondisi ekonomi yang masih lemah pasca pandemi yang belum sepenuhnya usai tentunya kebijakan itu belum tepat karena dampak yang harus ditanggung masyarakat dari kenaikan BBM ini sangat besar dan ada efek buruk yang berantai di masyarakat.

Achmad menjelaskan jika memilih risiko mana yang paling berat sebetulnya pemerintah masih punya banyak alternatif dengan pertimbangan.

Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute Achmad Nur Hidayat menilai wacana kenaikan Pertalite dan Solar lebih berisiko ketimbang menunda IKN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close