Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat: Popularitas Airlangga Terdongrak Karena Sukses Tangani Covid-19

Rabu, 14 September 2022 – 08:14 WIB
Pengamat: Popularitas Airlangga Terdongrak Karena Sukses Tangani Covid-19 - JPNN.COM
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Dok. Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Kebijakan Publik dari Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah mengatakan kesuksesan Indonesia dalam menangani Pandemi Covid tidak lepas dari kerja keras para Menteri. Salah satunya Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagai Ketua KPC-PEN dan juga Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan punya peran sentral dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Kedua menteri cukup mampu menerjemahkan kehendak dan kemauan presiden, dalam hal ini, kemudian diikuti Mendagri mengeluarkan instruksi dalam berbagai aspeknya,” kata Trubus, Selasa (13/9/2022).

Sebelumnya dalam survei yang dilakukan Lembaga Penelitian Masyarakat Milenium (LPMM) disebutkan, Menko Airlangga dikenal oleh 58,9 persen sebagai Menko Perekonomian dan juga tokoh yang diberikan tanggung jawab oleh Presiden Jokowi sebagai Ketua KPC-PEN untuk memulihkan perekonomian nasional akibat dampak Covid 19 dan penanggulangan Covid 19. Airlangga juga dikenal sebagai Ketua Umum DPP Partai Golkar.

“Tokoh mana yang kebijakan dan programnya paling dirasakan memberikan dampak pada masyarakat dalam 2 tahun terakhir kepada 1988 responden dan hasilnya Airlangga Hartarto dinilai sebagai tokoh bakal capres yang kebijakannya dan programnya banyak membantu masyarakat di saat masyarakat kesulitan ekonomi keluarganya akibat dampak Covid,” kata Direktur Eksekutif LPPM Alamsyah Wijaya.

Menurut Trubus, sejumlah kebijakan dan terobosan memang dilakukan pemerintah sejak awal Pandemi Covid. Menko Airlangga melalui KPC-PEN menyalurkan sejumlah bantuan sosial, begitu juga dengan kementerian/lembaga lain.

“Bantuan ini telah menyelamatkan masyarakat kita dari berbagai kondisi saat covid karena adanya pembatasan-pembatasan, sehingga pada akhirnya tercukupi,” ujar Trubus.

Lebih lanjut, Trubus mengapresiasi kerjasama pemerintah pusat dan daerah, juga masyarakat dalam penanganan Pandemi Covid-19.

Trubus mengatakan kesuksesan Indonesia dalam menangani Pandemi Covid-19 tidak lepas dari kerja keras para menteri, salah satunya Menko Perekonomian Airlangga.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close