Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Puji Kesigapan Pramugari dan Pilot Citilink

Kamis, 30 September 2021 – 16:51 WIB
Pengamat Puji Kesigapan Pramugari dan Pilot Citilink - JPNN.COM
Pengamat penerbangan Alvin Lie dalam AviaTalk di Instagram. Foto: tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Penerbangan Alvin Lie mengomentari insiden penumpang anak-anak melepas penutup pelindung tuas pintu darurat dalam penerbangan QG-944 rute Cengkareng-Batam.

Dia pun mengapresiasi kesigapan pilot dan awak kabin Citilink yang mengambil keputusan melakukan pendaratan darurat di Palembang, Senin (27/9).

Menurut Alvin, awak kabin yang bertugas terlihat sudah melakukan tindakan sesuai prosedur dengan segera menginformasikan kejadian tersebut kepada Captain Pilot.

Kemudian, Captain segera memutuskan untuk mengalihkan (divert) penerbangan ke Bandara terdekat untuk dilakukan pengecekan secara teknis kondisi pesawat dan memastikan pesawat dalam kondisi aman, guna menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan.

"Jadi, safety is everbody bussiness menjadi tanggung jawab bersama. Baik Pilot, awak kabin dan penumpang saling menjaga," kata Alvin dalam AviaTalk, Insiden Pesawat! Penumpang Anak Membuka Jendela Darurat, Live di Instagram @alviation dan @citilink, Kamis (30/9).

Alvin menuturkan penumpang anak-anak yang berada di seat row 11 di depan green zone emergency row,.

"Jadi, tidak duduk di kursi emergency. Sedangkan kursi darurat Citilink ada di kursi 12 dan 14," beber Alvin.

Captain Teguh Kristiono, Vice President Safety, Security & Quality PT Citilink Indonesia menambahkan kemungkinan orang tua penumpang anak itu lengah atau tertidur sehingga tidak mengawasi.

Pengamat memuji kesigapan pramugari dan pilot Citilink dalam insiden anak buka jendela darurat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close