Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Sebut Airlangga - Ganjar Ideal Diusung KIB di Pilpres 2024

Jumat, 22 Juli 2022 – 10:34 WIB
Pengamat Sebut Airlangga - Ganjar Ideal Diusung KIB di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Ketum Golkar Airlangga Hartarto disebut ideal berpasangan dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Pipres 2024. Ilustrasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Institute of Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic) Ahmad Khoirul Umam mengungkapkan hasil survei yang menyebut pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo berpotensi memenangi Pilpres 2024 menarik untuk dibuktikan. Pasalnya, pasangan tersebut sudah memiliki modal partai pengusung.

“Hasil simulasi pasangan Airlangga-Ganjar yang dinilai berpotensi unggul tentu menarik untuk dibuktikan. Keduanya bisa menggunakan gerbong Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai kendaraan politik untuk mewujudkannya,” tegas Umam, Kamis (21/7/2022).

Sebelumnya, Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) merilis hasil survei opini publik bertajuk Titik Tengah Demokrasi Indonesia Menuju Pemilu 2024.

Survei itu menemukan potensi elektabilitas figur-figur kandidat berdasarkan simulasi tiga pasang capres atau cawapres.

Hasil simulai mengetengahkan pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo mengalahkan Prabowo Subianto-Muhaimin Iskandar dan Puan Maharani-Anies Baswedan.

Dosen Ilmu Politik dan International Studies, Universitas Paramadina itu juga mengatakan perlu adanya komunikasi KIB dengan PDIP untuk menyukseskan pasangan tersebut.

“Hanya saja Golkar, PAN dan PPP perlu mengomunikasikan langkah pencapresan Ganjar itu kepada PDIP dengan baik,” ujar Umam.

Menurut Umam, komposisi Airlangga-Ganjar menyiratkan kondisi bahwa PDIP tidak mengajukan Ganjar dalam kontestasi 2024.

Pengamat Ahmad Khoirul Umam menyebut pasangan Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo ideal diusung dan berpotensi memenangi Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close