Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Sebut Erick Thohir Bisa Jadi Cawapres yang Diandalkan Ganjar

Senin, 24 Juli 2023 – 12:29 WIB
Pengamat Sebut Erick Thohir Bisa Jadi Cawapres yang Diandalkan Ganjar - JPNN.COM
Menteri BUMN Erick Thohir (kanan), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kiri) saat sarapan Pagi bersama di Bandara Adi Soemarmo, Solo. Foto: IG Erick Thohir

jpnn.com, JAKARTA - Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin Makassar Dr.Phil. Sukri, M.Si menilai minat generasi milenial dan generasi gen Z terhadap Erick Thohir cukup tinggi.

Hal itu juga terlihat dalam survei Indikator Politik Indonesia yang menempatkan Erick Thohir sebagai kandidat cawapres tertinggi (22,9 persen) mengungguli Ridwan Kamil (20,1 persen) dan Sandiaga Salahuddin Uno (17,5persen).

"Karena jarak psikologis mereka yang tak terlalu jauh. Erick kerap menunjukan gaya non formal di setiap kegiatannya. Gaya formal hanya ditunjukan oleh Erick pada saat acara resmi kenegaraan," ungkap Sukri di Jakarta, Senin (24/7).

Selain itu, kata Sukri, gaya kepemimpinan yang tak banyak bicara dan lebih memilih kerja dinilai membuat nama Menteri BUMN itu diminati milenial dan generasi gen Z.

"Gaya seperti itulah yang diminati oleh generasi milenial dan generasi gen Z. Sebab mereka tak terlalu menyukai gaya kepemimpinan yang formal dan tak banyak bicara. Keberhasilan Erick dalam memperbaiki sepak bola Indonesia juga memberi daya ungkit elektroral pada survei Indikator. Sepak bola tak hanya disukai generasi senior tetapi juga generasi muda," ucap Sukri.

Sukri menduga elektabilitas Erick masih dapat terus merangkak naik hingga Pilpres 2024 mendatang. Terlebih lagi ketika Sandy atau Ridwan Kamil tak maju menjadi cawapres dari salah satu kandidat capres. Saat ini karena kandidat capres yang ada belum memutuskan nama cawapresnya, maka suara pemilih masih terbagi.

"Erick sangat berpeluang untuk bisa mendapatkan suara dari Sandy atau Ridwan Kamil ketika mereka berdua tak jadi maju menjadi cawapres. Sebab suara pemilih Erick sama dengan generasi pemilih Sandy maupun Ridwan Kamil,"kata Sukri.

Dia menyebut dari simulasi pasangan capres cawapres Indikator, pasangan Ganjar dan Erick merupakan yang sangat diminati oleh masyarakat.

Dekan FISIP Universitas Hasanuddin Makassar Dr.Phil. Sukri, M.Si menilai minat milenial dan generasi gen Z menyukai Erick Thohir

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close