Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengamat Siber Ungkap Pengguna Facebook Kena Mention Massal

Selasa, 20 April 2021 – 14:58 WIB
Pengamat Siber Ungkap Pengguna Facebook Kena Mention Massal - JPNN.COM
Logo Facebook. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Belum lama ini puluhan ribu pengguna Facebook dihebohkan dengan aksi mention massal oleh akun pengguna tidak dikenal.

Sejumlah pengguna Facebook melaporkan menerima notifikasi bahwa akun miliknya telah ditandai dalam unggahan yang berisi konten tidak senonoh.

Beberapa akun yang melakukan mention massal itu justru mengeklaim mereka tidak melakukan aktivitas tersebut.

Praktisi Keamanan Siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya mengatakan, sebenarnya aksi tagging massal itu merupakan salah satu modus phishing untuk mencuri kredensial akun Facebook korbannya.

"Dalam menjalankan aksinya terkandung phishing di situs yang telah dipersiapkan untuk mencuri kredensial Facebook," kata Alfons dalam keterangan tertulisnya, Senin (20/4).

Menurut Alfons, penjahat siber mempersiapkan aksi phising itu dengan memanfaatkan Facebook Page yang dibuat berbahasa Indonesia.

Melalui Facebook Page, kata dia, pejahat siber akan memancing calon korban untuk mengujungi situs phising yang telah disiapkan.

Untuk menggaet para korban, Facebook Page itu sengaja diisi dengan berbagai gambar atau video seronok, lengkap dengan judul menggoda.

Mention massal merupakan salah satu modus phishing untuk mencuri data pengguna Facebook.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close