Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengin Punya Buku Bacaan? Cepat Hubungi Pak Ganjar!

Senin, 22 Maret 2021 – 21:12 WIB
Pengin Punya Buku Bacaan? Cepat Hubungi Pak Ganjar! - JPNN.COM
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengaku sebagai seorang kutu buku. Politikus PDI Perjuangan itu mengatakan kebiasannya membaca dan berteman dengan buku sudah berlangsung sejak lama.

Berbicara secara virtual pada Rakornas Bidang Perpustakaan 2021, Senin (23/3), Ganjar menyatakan kesiapannya membantu menyediakan buku bacaan.

“Saya itu paling suka dimintai buku, pasti saya carikan," kata Ganjar.

Mantan pimpinan Komisi II DPR itu menuturkan, jika sedang kesulitan mencari buku bacaan di pasaran, dia langsung menghubungi pihak penerbit. Menurut Ganjar, biasanya penerbit buku memiliki stok.

Selain itu, penerbit juga sering menyediakan diskon, bahkan tak jarang menghibahkan buku terbitannya. "Kami bisa bantu teman-teman supaya bisa mendapatkan buku baru,” lanjut Ganjar.

Pada masa pandemi Covid-19, tutur Ganjar, Pemerintah Provinsi Jateng tetap menggencarkan kampanye literasi melalui saluran daring. Di antaranya melalui Ruang Belajar Modern, sebuah kursus daring gratis yang diadakan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jateng.

Pemerintah provinsi yang beribu kota di Semarang itu juga menyediakan perpustakaan digital melalui aplikasi iJateng. “Selama pandemi ini kami mengaturnya lebih ketat,” ucap Ganjar.

Alumnus Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada itu menegaskan,  perpustakaan harus tampil menarik. Oleh karena itu, katanya, perpustakaan harus tampil moderen dan dilengkapi teknologi agar memikat masyarakat.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengaku sering menghubungi penerbit untuk menanyakan stok buku bacaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close