Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengin Virus Covid-19 tak Menyerang Tubuh? Simak nih Kata Dokter Risa

Rabu, 11 Agustus 2021 – 04:10 WIB
Pengin Virus Covid-19 tak Menyerang Tubuh? Simak nih Kata Dokter Risa - JPNN.COM
Diskusi daring BIKIN RISOL dengan tema NIK Untuk Vaksinasi: Urgen atau Ribet? yang ditayangkan di kanal YouTube JPNN.com, Selasa (10/8). Foto tangkapan layar

jpnn.com, JAKARTA - Spesialis penyakit dalam di Mayo Clinic, USA Kharisa Rachmasari menyebut vaksinasi merupakan program penting dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19.

Sebab, menurut Dokter Kharisa, vaksin bakal membuat virus yang menjadi penyebab orang terjangkiti Covid-19, tidak mudah bermutasi di dalam tubuh.

"Nah, gimana caranya kita pengin virus itu tidak menyerang tubuh kemudian bereplikasi dan bermutasi? Caranya dengan vaksin dan menjaga tubuh dan kesehatan," kata wanita bergelar dokter itu saat diskusi daring BIKIN RISOL, yang ditayangkan JPNN.com di YouTube, Selasa (10/8).

Menurut Risa sapaan Kharisa Rachmasari, memang ada yang bilang lebih baik membangun imunitas dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat, serta berolahraga rutin daripada menjalani vaksinasi.

Risa menilai, menjaga imunitas dengan cara tersebut sesuatu yang baik.

Namun, katanya, agak telat mengandalkan imunitas dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta olahraga pada saat pandemi Covid-19 tengah berlangsung.

Sebab, kata dia, virus SARS-Cov-2 yang menjadi penyebab seseorang terjangkiti Covid-19, sudah bermutasi di dalam tubuh manusia.

"Kalau mengandalkan tubuh untuk sekadar membangun imunitas secara alami butuh waktu lama dan belum tentu spesifik untuk virus itu. Nah, itu kenapa vaksin penting," tutur alumnus New York University di Abu Dhabi (NYUAD), Uni Emirat Arab itu.

Spesialis penyakit dalam di Mayo Clinic, USA Kharisa Rachmasari berbicara tentang imunitas dan juga vaksinasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close