Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengrajin Perak Minta PPN Dihapus

Rabu, 29 April 2009 – 14:23 WIB
Pengrajin Perak Minta PPN Dihapus - JPNN.COM
JAKARTA-Pajak pertamabahan nilai (PPN) yang begitu tinggi, ternyata menjadi akar permasalahan atas harga bahan baku yang tidak terjangkau oleh para pengrajin perak di Indonesia, khususnya di Kota Gede, Yogyakarta. 

Mengenai timbulnya masalah ini, Menteri Perdagangan RI, Mari Elka Pangestu menjelaskan permasalahan umum yang dihadapi oleh para pengrajin perak tersebut adalah kelangkaan bahan baku perak. “Hal ini pernah dialami oleh pengrajin perak di Celuk, Bali,” papar Mendag.

Dikatakan, para pengrajin perak umumnya membeli bahan baku dari Aneka Tambang, namun karena dikenakan PPN 10 persen maka harga bahan baku perak menjadi mahal. Untuk mendapatkan harga bahan baku yang relatif murah, terang dia, para pengrajin selalu membeli di pasar gelap tanpa PPN, dan ternyata kadar mutunya di bawah standar.

Mendag mengatakan, pada awalnya masalah ini sudah sesuai dengan PP No.12 Tahun 2001 tentang Impor dan atau penyerahan barang kena pajak tertentu yang bersifat startegis dibebakan dari pengenaan PPN. 

JAKARTA-Pajak pertamabahan nilai (PPN) yang begitu tinggi, ternyata menjadi akar permasalahan atas harga bahan baku yang tidak terjangkau oleh para

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA