Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pengumuman Pencabutan Berita Saduran Asia Sentinel

Kamis, 04 Oktober 2018 – 06:06 WIB
Pengumuman Pencabutan Berita Saduran Asia Sentinel - JPNN.COM
Penanggung jawab redaksi JPNN Arwan Mannaungeng (kiri) bersama dua anggota Dewan Pers Imam Wahyudi dan Hendry Ch Bangun serta Ketua Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat Imelda Sari dalam penyelesaian pengaduan pemberitaan, Rabu (3/10).

jpnn.com - Para pembaca JPNN.com yang budiman, kami telah mencabut berita berjudul Media Asing Beber ‘Konspirasi Kejahatan Besar’ Era SBY yang tayang pada 12 September 2018 pukul 09.19.

Pemberitaan JPNN.com itu bersumber pada artikel berjudul Indonesia’s SBY Government: ‘Vast Criminal Conspiracy' di laman Asia Sentinel.

Memang, JPNN.com menjadi portal berita pertama di Indonesia yang menyadur tulisan John Berthensel yang menghebohkan itu. JPNN.com sudah mengunggah bantahan dari Partai Demokrat (PD) atas berita berjudul Media Asing Beber ‘Konspirasi Kejahatan Besar’ Era SBY pada 12 September 2018 pukul 11.44.

Selanjutnya, JPNN.com juga memuat utuh pernyataan Ketua Umum PD Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sebagai pihak yang disebut dalam pemberitaan Asia Sentinel. JPNN.com mengutip secara utuh wawancara SBY di Harian Rakyat Merdeka.

Berita terpisah tentang bantahan PD dan pernyataan SBY juga sudah ditautkan ke artikel berjudul Media Asing Beber ‘Konspirasi Kejahatan Besar’ Era SBY. Bantahan demi bantahan dari politikus PD juga kami tayangkan.

Belakangan, Asia Sentinel mencopot artikelnya yang kadung membuat heboh di Indonesia. Melalui artikel berjudul Apology to President Yudhoyono and Democrat Party of Indonesia, Rabu (19/9) malam, laman berita yang berbasis di Hong Kong itu meminta maaf sekaligus mengumumkan pencopotan artikel Indonesia’s SBY Government: ‘Vast Criminal Conspiracy' di laman Asia Sentinel.

Kami di JPNN.com langsung menyadur permintaan maaf Asia Sentinel. Selanjutnya berita terbaru itu tayang di JPNN.com dengan judul Maaf, Asia Sentinel Mengaku Salah dan Copot Artikel soal SBY.

Namun merujuk ketentuan Pedoman Media Siber yang ditandatangani Dewan Pers dan komunitas pers di Jakarta pada 2 Februari 2012, JPNN.com wajib mencopot berita saduran yang sumber aslinya telah dilepas.

Redaksi JPNN telah mencabut berita berjudul Media Asing Beber ‘Konspirasi Kejahatan Besar’ Era SBY yang merujuk pada atrtikel di Asia Sentinel.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close