Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penjualan Lahan Australia Harus Ditawarkan ke Dalam Negeri Terlebih Dahulu

Kamis, 01 Februari 2018 – 12:00 WIB
Penjualan Lahan Australia Harus Ditawarkan ke Dalam Negeri Terlebih Dahulu - JPNN.COM

Aturan baru yang mengawasi penjualan lahan pertanian Australia kepada investor asing akan memaksa agen real estate untuk menunjukkan jika mereka telah memberikan kesempatan terlebih dahulu kepada investor lokal.

Dalam sebuah pernyataan, Menteri Keuangan Australia, Scott Morrison mengatakan lahan pertanian Australia dengan nilai lebih dari $15 juta, Rp 150 miliar, harus ditawarkan terlebih dahulu kepada calon pembeli di dalam Australia, setidaknya 30 hari sebelum dijual ke investor asing.

Klausul soal aturan 30 hari ini akan jadi bagian panduan Foreign Investment Review Board (FIRB) saat menilai penjualan lahan pertanian.

Aturan yang diperkenalkan pada tahun 2015 tersebut membutuhkan persetujuan FIRB untuk semua penjualan lahan penilai yang bernilai $15 juta atau lebih.

Semua penjualan, terlepas dari harganya, sudah membutuhkan persetujuan FIRB.

"Perhatian seputar kemampuan warga Australia untuk berpartisipasi dalam proses penjualan akuisisi lahan pertanian telah jadi faktor dalam keputusan investasi luar negeri saya sebelumnya, termasuk penyetujuan penjualan S. Kidman & Co Limited," kata Menkeu Morrison.

"Tergantung dari keadaan luar biasa, investor asing perlu menunjukkan lahan pertanian mereka inginkan sudah jadi bagian dari proses penjualan publik dan dipasarkan secara luas ke penawar asal Australia, minimal 30 hari, dan peserta tender Australia memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam proses penjualan."

Penjualan peternakan Kidman ke 'Australian Outback Beef' pimpinan miliuner Australia Gina Rinehart meningkatkan investasi China sebesar 2,6 juta hektar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA