Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pentingnya Pengembangan Pariwisata untuk Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Selasa, 17 September 2024 – 20:07 WIB
Pentingnya Pengembangan Pariwisata untuk Pertumbuhan Ekonomi Daerah - JPNN.COM
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno. Foto: Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - DPRD Kebumen dan Kota Pekalongan dengan kewenangan yang dimiliki diminta untuk mengembangkan potensi pariwisata daerah setempat. Sebab, sektor pariwisata dinilai efektif untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Tengah, Sumarno menilai, potensi wisata di berbagai daerah di Jateng sangat luar biasa. Di antaranya potensi wisata pantai di Kebumen dengan pesona pantai selatan dan Pekalongan dengan keindahan pantai utaranya.

"Geopark Kebumen sudah disetujui oleh UNESCO. Potensi Goa Jatijajar juga luar biasa, dan keduanya itu adalah kekayaan alam yang daerah lain tidak memiliki. Silahkan dikembangkan menjadi tempat wisata yang lebih menarik," ujar Sumarno saat membuka orientasi anggota DPRD kabupaten/kota, di Hotel Grand Candi Semarang, Selasa (17/9).

Di hadapan 84 anggota DPRD Kebumen dan Kota Pekalongan periode 2024-2029, Sekda mengatakan, pertumbuhan ekonomi Jateng sebagian besar ditopang dari konsumsi.

Karena itu, pengembangan sektor wisata harus dioptimalkan. Dengan begitu, wisatawan akan berbelanja maupun menginap di Jateng.

"Mari kita bareng-bareng kembangkan potensi wisata, karena sektor pariwisata paling efektif untuk meningkatkan petumbuhan ekonomi daerah," pinta Sumarno.

Dalam kesempatan itu, Sumarno juga mendorong meningkatkan kolaborasi antara pemerintah dan lembaga legislatif di daearah untuk bersama-sama menuntaskan berbagai pekerjaan rumah di Jateng. Di antaranya, persoalan kemiskinan, pengangguran, anak putus sekolah, dan pencegahan stunting.

"Posisi angka kemiskinan Kebumen masih cukup tinggi atau di atas rata-rata Provinsi Jateng. Sedangkan Kota Pekalongan lebih mudah dikelola karena dari luasan, lingkup, dan cakupan lebih kecil dibanding kabupaten," katanya.

Pengembangan sektor pariwisata dinilai penting untuk tingkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA