Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penularan Corona Mulai Menurun, Kapan Pembatasan di Melbourne Dilonggarkan?

Jumat, 21 Agustus 2020 – 23:35 WIB
Penularan Corona Mulai Menurun, Kapan Pembatasan di Melbourne Dilonggarkan? - JPNN.COM
Pembatasan COVID-19 yang ketat di Melbourne, termasuk jam malam, telah menunjukkan hasil. Namun bukan berarti akan dilonggarkan dalam dekat ini. (AAP: James Ross)

Hingga hari Jumat (21/08), negara Bagian Victoria, Australia kembali mencatat penurunan jumlah kasus COVID-19 menjadi 179 kasus. Namun melonggarkan pembatasan sosial justru dikhawatirkan akan memicu gelombang ketiga pandemi.

Sejak lebih dari sebulan lalu, jumlah kasus hari ini untuk pertama kalinya berada di bawah angka 200. Selain itu selama lima hari berturut-turut tercatat jumlah kasus baru di bawah 300.

Sejumlah pihak menyebutkan ini adalah hasil dari penerapan aturan pembatasan sosial yang sangat ketat di Victoria, yakni pembatasan tahap empat untuk metropolitan Melbourne dan pembatasan tahap 3 untuk wilayah regional.

Namun wakil pejabat tertinggi bidang medis Victoria, Dr Allen Cheng menyatakan kasusnya masih harus menjadi satu atau dua digit sebelum Melbourne dapat keluar dari pembatasan tahap empat.

Menteri Utama Victoria, Premier Daniel Andrews kemarin juga mengindikasikan hal yang sama.

"Meskipun trennya bagus dan angka kasusnya tinggal 200-an bahkan setengah dari jumlah itu pun, jika dilonggarkan sekarang, kita tak akan mengalahan wabah gelombang kedua ini," kata Premier Andrews.

"Kita malah akan memulai gelombang ketiga," tambahnya.

Premier Andrews belum mau bicara soal pelonggaran lockdown karena sejumlah alasan berikut ini.

Hingga hari Jumat (21/08), negara Bagian Victoria, Australia kembali mencatat penurunan jumlah kasus COVID-19 menjadi 179 kasus

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close