Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penulis Novel Tere Liye Dibully Gara-gara Status Pahlawan

Rabu, 02 Maret 2016 – 19:46 WIB
Penulis Novel Tere Liye Dibully Gara-gara Status Pahlawan - JPNN.COM
Tere Liye. FOTO: Ist/bppmpsikomedia.wordpress.com

jpnn.com - PENULIS novel Tere Liye tengah menjadi perbicangan netizen. Penulis asal Sumatera Barat itu mengunggah status kontroversial di akun facebooknya. Intinya, dia menyinggung bahwa kemerdekaan Indonesia itu karena jasa-jasa pahlawan yang sebagian besar adalah ulama dan tokoh agama lain. 

“Apa ada orang komunis, pemikir sosialis, aktivis HAM, pendukung liberal, yang pernah bertarung hidup mati melawan serdadu Belanda, Inggris atau Jepang? Silakan cari.” tulis Tere Liye. 

Tak pelak, status itu pun menuai kecaman dari para netizen. Intinya, netizen menyataka bahwa banyak juga pahlawan yang beraliran kiri atau bahkan komunis itu berjuang membebaskan Indonesia dari penjajahan. Misalnya, Tan Malaka, Amir Sjarifoeddin, Sutan Sjahrir, Soegondo Djojopuspito, Soe Hok Gie, HOS Cokroaminoto dan lainnya. 

 

Berikut status Tere Liye yang mengundang kontroversi: 

Indonesia itu merdeka, karena jasa-jasa tiada tara para pahlawan yang sebagian besar diantara mereka adalah ulama-ulama besar, juga tokoh-tokoh agama lain. Orang-orang religius, beragama.

Apalah ada orang komunis, pemikir sosialos, aktivis HAM, pendukung liberal, yang bertarung hidup mati melawan serdadu Belanda Inggris atau Jepang? Silakan cari.

Anak muda, bacalah sejarah dengan baik. Jangan terlalu terpesona dengan paham-paham luar, seolah itu keren sekali; sementara sejarah dan kearifan bangsa sendiri dilupakan. 

PENULIS novel Tere Liye tengah menjadi perbicangan netizen. Penulis asal Sumatera Barat itu mengunggah status kontroversial di akun facebooknya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close