Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyakit Birokrasi Dorong Ekonomi Biaya Tinggi

Selasa, 13 April 2010 – 17:38 WIB
Penyakit Birokrasi Dorong Ekonomi Biaya Tinggi - JPNN.COM
JAKARTA - Indonesia dipandang tidak akan pernah maju karena telah menderita tiga 'penyakit menahun'. Parahnya, tiga penyakit itu punya keterkaitan erat sehingga sulit disembuhkan. Hal tersebut dikatakan oleh Eko Prasojo, pakar administrasi UI, dalam Seminar Bakohumas di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (13/4).

"Ada tiga penyakit utama bangsa kita, yaitu korupsi politik, hukum dan birokrasi. Penyakit ini seperti tiga roda yang saling berikatan, sehingga sulit dihilangkan," ujarnya.

Akibat banyaknya penyakit birokrasi ini, lanjut Eko, lantas menimbulkan ekonomi biaya tinggi dalam pembangunan dan pemerintahan. Secara individual, katanya pula, perilaku menyimpang dalam birokrasi (KKN, Red) itu, seringkali dianggap sangat fungsional untuk mengatasi problem rendahnya gaji pegawai negeri. Padahal itu keliru, karena perilaku tersebut dapat merugikan kepentingan rakyat.

"Perilaku menyimpang dalam birokrasi, atau lebih dikenal dengan mal-administrasi (itu), pada akhirnya merupakan prinsip zero sum game. (Artinya) jika ada pihak yang diuntungkan, maka selalu ada yang dirugikan juga," tuturnya.

JAKARTA - Indonesia dipandang tidak akan pernah maju karena telah menderita tiga 'penyakit menahun'. Parahnya, tiga penyakit itu punya keterkaitan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close