Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyerapan Loyo, Anggaran Dipotong

Jumat, 20 Agustus 2010 – 02:02 WIB
Penyerapan Loyo, Anggaran Dipotong - JPNN.COM
JAKARTA - Seluruh instansi pemerintah kini harus mulai membenahi kualitas penyerapan anggaran. Sebab, mulai tahun depan aturan reward and punishment (penghargaan dan hukuman) akan masuk dalam Undang-undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (UU APBN).

Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati mengatakan, aturan reward and punishment akan masuk menjadi salah satu pasal dalam UU APBN 2011. Adapun detail pelaksanaannya akan diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK). "Jika kena punishment, nanti akan langsung dipotong pada 2011," ujarnya di Kantor Kementerian Keuangan, Kamis (19/8).

Menurut Anny, begitu semua kementerian/lembaga (K/L) menyerahkan laporan keuangan pada Maret, Kementerian Keuangan akan langsung menyisir realisasi penyerapan anggarannya. "Jika penyerapan jelek, kita review, lalu kita kenakan punishment, dipotong sekian (rupiah)," katanya.

Meski demikian, lanjut Anny, Kementerian Keuangan tidak akan sembarangan memberlakukan punishment. Jika memang penyerapan anggaran rendah, akan dilihat dulu apakah itu karena efisiensi, force majeur (seperti bencana), atau karena memang pelaksanaannya kurang bagus. "Kalau efisien, justru nanti dapat reward. Tapi kalau memang pelaksanaannya jelek, langsung kita potong," tegasnya.

JAKARTA - Seluruh instansi pemerintah kini harus mulai membenahi kualitas penyerapan anggaran. Sebab, mulai tahun depan aturan reward and punishment

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA