Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Penyuluh Informasi Publik: Mitra Kemenkominfo Sebarkan Informasi Publik di Wilayah 3T

Selasa, 28 November 2023 – 21:16 WIB
Penyuluh Informasi Publik: Mitra Kemenkominfo Sebarkan Informasi Publik di Wilayah 3T - JPNN.COM
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus berkomitmen mewujudkan pemerataan akses informasi publik hingga ke seluruh wilayah Indonesia dengan melakukan bimbingan teknis PIP yang diselenggarakan di Emerald Garden International Hotel, Medan, Selasa (28/11). Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus berkomitmen mewujudkan pemerataan akses informasi publik hingga ke seluruh wilayah Indonesia. 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pelaksanaan program Penyuluh Informasi Publik (PIP) sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam menjangkau masyarakat di wilayah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T) dan wilayah lainnya yang masih memerlukan pendekatan komunikasi melalui penyuluhan tatap muka. 

Ketua Tim Kemitraan Komunikasi Sosial, Kementerian Kominfo, Angki K. Dewi menyebutkan hingga tahun 2023 Kemenkominfo telah memiliki 517 orang PIP yang aktif bertugas mendiseminasikan berbagai program dan kebijakan strategis pemerintah di 728 kecamatan dari Sabang hingga Merauke.

Hal itu disampaikan Angki dalam bimbingan teknis PIP yang diselenggarakan di Emerald Garden International Hotel, Medan, Selasa (28/11).

Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Kemenkominfo merekrut 35 PIP yang berasal dari provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau untuk ikut dalam bimbingan teknis tersebut.

“Program PIP merupakan bentuk kerja sama antara Kementerian Agama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam hal pelaksanaan penyebarluasan informasi publik melalui pemberdayaan Penyuluh Agama. Program PIP ini telah berjalan sejak 2017 hingga sekarang,” kata Angki.

Dia menjelaskan sebagai Key Opinian Leader di lingkungannya, PIP dipercaya dapat menyampaikan informasi ke masyarakat melalui pendekatan yang berbeda.

Angki juga menyebutkan dari kedekatan yang telah terbangun antara penyuluh dengan komunitasnya masing-masing, informasi yang disampaikan harapannya dapat lebih diterima di hati masyarakat.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus berkomitmen mewujudkan pemerataan akses informasi publik hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close