Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perampokan CIMB, Densus Curigai Ba'asyir

Densus Temukan Bukti Siap Beraksi Dalam Waktu Dekat

Rabu, 22 September 2010 – 05:03 WIB
Perampokan CIMB, Densus Curigai Ba'asyir - JPNN.COM
Tim medis Polresta Solo melakukan tes DNA Ngatini, 55, ibu Yuki, salah satu tersangka perampokan di Medan yang ditembak mati polisi. (foto: Up ichwan-solo)
JAKARTA -  Tim Densus 88 Mabes Polri terus mengembangkan penyelidikan dari tertangkapnya para pelaku perampokan Bank CIMB Niaga di Medan yang diduga jaringan teroris. Saat ini, Densus sedang menajamkan penyelidikan untuk meneliti keterlibatan Abu Bakar Ba'asyir dan Umar Patek (buron) dalam kasus perampokan tersebut.

Polisi yakin, Ba'asyir terlibat dalam kasus perampokan di Bank CIMB Niaga. Ini ditelusuri berdasarkan pengakuan beberapa tersangka yang berhasil ditangkap tim Densus 88 Minggu lalu (19/9). Para tersangka itu mengaku, yang mengkoordinir mereka (salah satunya untuk melakukan perampokan) adalah Abu Tholut alias Mustofa. Sedangkan dari rekam jejak yang berhasil didapatkan polisi, antara Ba'asyir dan Abu Tholut ada hubungan "istimewa".  Yakni, Ba'asyir lah yang diduga telah menunjuk Abu Tholut sebagai pengelola latihan militer di Aceh. Tholut dipercaya karena dia berpengalaman gerilya sebagai instruktur kemiliteran di Mindanao, Filipina (selengkapnya baca grafis).

Para teroris yang berlatih di kamp Aceh ini lah yang diduga polisi masih satu jaringan dengan para teroris yang juga tersangka perampokan di Bank CIMB Niaga, Medan, 18 Agustus lalu."Jadi ada benang merah antara perampokan Bank CIMB Niaga, kamp teroris Aceh dan Ba'asyir." kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Iskandar Hasan kepada wartawan di Mabes Polri kemarin (21/9).

Seperti diberitakan, dugaan bahwa perampokan di Bank CIMB Niaga terkait jaringan teroris di Aceh pertama kali disampaikan Kapolri Jenderal Pol Bambang Hendarso Danuri (BHD) di Polda Sumut Senin lalu (20/9). Saat itu, dia memimpin jumpa pers, untuk mengumumkan keberhasilan tim Densus 88 menangkap para pelaku perampokan di Bank CIMB Niaga yang ternyata masih termasuk dalam jaringan teroris di Aceh.

JAKARTA -  Tim Densus 88 Mabes Polri terus mengembangkan penyelidikan dari tertangkapnya para pelaku perampokan Bank CIMB Niaga di Medan yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close