Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peran Ayah Sangat Penting dalam Penerapan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi

Kamis, 12 November 2020 – 13:49 WIB
Peran Ayah Sangat Penting dalam Penerapan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi - JPNN.COM
Dosen Komunikasi Keluarga dan Psikologi Komunikasi FISIP Unsoed Dr Wisnu Widjanarko. FOTO: ANTARA - Wuryanti PS

jpnn.com, PURWOKERTO - Akademisi dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto Dr Wisnu Widjanarko mengatakan bahwa ayah memiliki peran sangat penting untuk menjadi inspirasi penerapan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Pada era pandemi, ayah berperan penting untuk menginspirasi keluarganya untuk tetap menjaga protokol kesehatan serta memberi penguatan emosional kepada anak untuk tidak cemas dan lelah menghadapi situasi sekarang," kata Wisnu, di Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (12/11).

Wisnu yang merupakan dosen Komunikasi Keluarga dan Psikologi Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unsoed itu menambahkan cara yang bisa dilakukan ayah adalah dengan meluangkan waktu untuk berinteraksi dan bertukar cerita dengan keluarganya termasuk membahas mengenai pentingnya protokol kesehatan.

"Ayah juga perlu menjadi teladan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat agar dapat dicontoh oleh anak-anaknya," katanya.

Selain itu, katanya, selama masa pandemi ayah juga perlu lebih banyak bermain dengan anak di rumah.

"Tujuannya adalah menjadikan anak merasa senang dan mengajarkan bahwa rumah adalah merupakan tempat ternyaman dan teraman dalam situasi saat ini, sehingga belajar dan beribadah dari rumah bukan sebuah tekanan, tetapi sebuah penyesuaian," katanya.

Peringatan Hari Ayah Nasional bisa menjadi momentum tepat bagi orang tua dalam mengekspresikan perhatian kepada anak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close