Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perang Dunia! Ini 3 Jenis Senjata Canggih yang Dipakai Rusia Menggempur Ukraina

Kamis, 24 Februari 2022 – 19:07 WIB
Perang Dunia! Ini 3 Jenis Senjata Canggih yang Dipakai Rusia Menggempur Ukraina - JPNN.COM
Sistem rudal Smerch milik angkatan bersenjata Belarus, kini senjata canggih itu juga digunakan Rusia untuk menggempur Ukraina. Foto: VIKTOR DRACHEV / AFP

jpnn.com, KIEV - Rusia telah memulai invasinya ke Ukraina, Kamis (24/2), aksi militer yang oleh banyak pihak dikhawatirkan akan memicu Perang Dunia III.

Sejak beberapa bulan lalu, Kremlin terus mengirim personel dan peralatan militer ke wilayah Rusia yang berbatasan langsung dengan Ukraina bagian Timur.

Peralatan militer tersebut termasuk beberapa senjata canggih andalan Rusia, seperti tank, sistem rudal dan senjata nonkonvensional bernama Kraushka 4.

Dilansir Popsci.com, berikut tiga jenis senjata andalan yang digunakan Rusia untuk menggempur Ukraina: 

1. Trio tank: T-72, T-80, T-90

Di antara tanda-tanda pertama penumpukan pasukan Rusia di sepanjang perbatasan dengan Ukraina adalah kehadiran Pasukan Tank Garda Pertama, sebuah formasi militer yang mencakup ratusan tank.

Garda Pertama termasuk model T-72 dan T-80, tank yang pertama kali dibangun dan diterjunkan oleh Uni Soviet dan telah mengalami modernisasi sejak saat itu. Desain tank utama ketiga dalam inventaris Rusia adalah T-90, yang memiliki asal lebih baru daripada T-72 dan T-80, meskipun akarnya sedikit lebih kompleks dari itu.

T-90 berasal dari T-72, dan varian modern dari model tank yang lebih tua juga sedang diproduksi. Seperti mesin apa pun yang beroperasi selama beberapa dekade, tank telah mengalami perbaikan pasca-manufaktur, sehingga beberapa model T-72 dapat menampilkan sistem yang lebih modern daripada model T-90 yang lebih tua.

Rusia telah memulai invasinya ke Ukraina, Kamis (24/2), aksi militer yang oleh banyak pihak dikhawatirkan akan memicu Perang Dunia III

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close