Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perawatan Paliatif Ternyata Mampu Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker

Rabu, 19 Oktober 2022 – 23:54 WIB
Perawatan Paliatif Ternyata Mampu Tingkatkan Kualitas Hidup Pasien Kanker - JPNN.COM
RS Siloam. Foto: istimewa

jpnn.com - Penyakit kanker bisa disembuhkan tergantung dari kondisi pasien. Salah satunya dengan melihat tingkat atau stadium kanker, usia penderita, kondisi kesehatan secara menyeluruh dan juga faktor lainnya.

Secara medis pengobatannya pun beragam. Mulai dari kemoterapi, radioterapi, operasi hingga perawatan paliatif. Namun banyak yang belum tahu tentang perawatan paliatif.

Menurut WHO, perawatan paliatif merupakan upaya meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya menghadapi masalah kesehatan yang mengancam jiwa. Caranya, melalui penanganan dan pencegahan rasa nyeri serta keluhan fisik lainnya. Lalu, psikologis, sosial, dan spiritual.  

"Di masa-masa sulit,  perawatan paliatif sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup dan rasa nyaman pasien," kata dokter Venita Eng, koordinator Perawatan Paliatif MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dalam edukasi kesehatan menyambut Hari Paliatif Internasional secara live di Instagram, dikutip Rabu (19/10).

Dalam edukasi yang diikuti sejumlah komunitas penyintas kanker itu, dokter Venita menjelaskan perawatan paliatif tidak terbatas diberikan kepada pasien kanker stadium tertentu. Bisa dimulai sejak stadium awal dan kondisi non-kanker.

"Kami melibatkan tim multidisiplin, yaitu dokter dari berbagai layanan spesialis, perawat, tim holistic care, relawan, serta rohaniawan," kata dokter yang aktif di Yayasan Kanker Indonesia itu.

Ditambahkannya layanan paliatif di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi dapat diakses pasien dan keluarga melalui konsultasi langsung di poliklinik paliatif, kunjungan di ruang rawat inap, dan telekonsultasi. Selain itu tersedia layanan kunjungan tim dokter dan perawat di rumah pasien. 

"Untuk prinsip perawatannya, dengan menghargai setiap kehidupan dan kematian manusia sebagai proses yang normal," ujarnya.

Perawatan paliatif ternyata bisa meningkatkan kualitas hidup pasien kanker. Simak penjelasan dokter ahli dari MRCCC Siloam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close