Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perbankan Indonesia Kian Stabil

Setelah Bunga serta Penjaminan LPS Naik

Jumat, 17 Oktober 2008 – 07:54 WIB
Perbankan Indonesia Kian Stabil - JPNN.COM
Seorang nasabah Bank Permata tengah menulisi slip penyetoran sebelum memasukkan uang tabungan.
JAKARTA - Dikereknya tingkat suku bunga penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bakal meningkat kepercayaan diri nasabah. Hal itu akan mampu menstabilkan industri perbankan nasional, karena kondisi likuiditasnya, yang terhindari dari rush, tetap terjaga.

Pejabat Kepala Eksekutif LPS Firdaus Djaelani mengatakan, kenaikan tingkat bunga penjaminan, ditambah dengan kenaikan nilai penjaminan hingga Rp 2 miliar sesuai Perppu LPS, dilakukan sebagai bagian integral untuk menjaga sistem keuangan nasional.  "Agar masyarakat tidak panik, sekaligus meyakinkan bahwa kondisi bank-bank saat ini masih aman," ujar Firdaus di kantor Depkeu, Kamis (16/10).

Di tempat yang sama, Gubernur BI Boediono mengatakan, kondisi bank-bank nasional masih sehat. Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir dananya di bank akan sulit dicairkan.

Bahwa sekarang ada kesulitan likuiditas, memang benar. Hanya saja, tidak parah dan belum berdampak sistemik. Nasabah dijamin aman karena nilai penjaminan sudah mencapai Rp 2 miliar, dan tingkat bunga penjaminan juga sudah dinaikkan menjadi 10 persen di bank umum untuk rupiah dan 3,5 persen untuk simpanan USD. "Masyarakat harus tenang. Kondisi bank-bank kita masih solid," kata Boediono.

JAKARTA - Dikereknya tingkat suku bunga penjaminan oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) bakal meningkat kepercayaan diri nasabah. Hal itu akan mampu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA