Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perdagangan dengan China Makin Menggembirakan, Indonesia Cuan Besar

Kamis, 03 Februari 2022 – 01:54 WIB
Perdagangan dengan China Makin Menggembirakan, Indonesia Cuan Besar - JPNN.COM
Bea Cukai terus mendorong pelaku usaha di daerah melakukan ekspor melalui pelayanan dan pembinaan yang terus dilakukan. Foto: Bea Cukai

jpnn.com, BEIJING - Indonesia mengalami surplus perdagangan dengan China sepanjang tahun 2021 dan peringkatnya di antara negara-negara anggota ASEAN turut terdongkrak.

"Kinerja perdagangan kita dengan Tiongkok selama periode Januari-Desember 2021 menggembirakan," kata Duta Besar RI untuk China Djauhari Oratmangun kepada ANTARA di Beijing, Rabu.

Dengan mengutip data Kepabeanan China (GACC), Dubes menyebutkan nilai perdagangan Indonesia dengan China pada 2021 mencapai 124,34 miliar dolar AS (Rp 1,78 kuadriliun) atau meningkat 58,43 persen dibandingkan dengan pencapaian pada 2020.

"Peringkat Indonesia pun di antara beberapa negara anggota ASEAN dalam perdagangan dengan China turut meningkat," ujarnya.

Pada 2021 Indonesia menempati peringkat ketiga di antara negara-negara ASEAN dalam bermitra dagang dengan China.

Pada 2020 dan 2019, Indonesia menempati peringkat keempat dan kelima.

"Apresiasi yang tinggi atas upaya dan kerja keras seluruh eksportir dari Indonesia yang tetap bersemangat di tengah tantangan yang cukup besar," kata Dubes.

Kedutaan Besar RI di Beijing bersama jajaran Kementerian Perdagangan dan kementerian terkait lainnya di Indonesia terus berupaya menyelesaikan berbagai hambatan perdagangan dan mencari akses pasar produk-produk unggulan dari Indonesia di China.

Sepanjang tahun 2021 nilai ekspor Indonesia ke China mencapai 63,63 miliar dolar AS atau tumbuh 70,02 persen dibandingkan dengan pencapaian 2020.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close