Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perdana, Pelabuhan TJ Priok Dilayari Kapal Besar

Senin, 10 April 2017 – 05:03 WIB
Perdana, Pelabuhan TJ Priok Dilayari Kapal Besar - JPNN.COM
Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara yang menjadi salah satu gerbang ekspor dan impor. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - Untuk pertama kalinya, Pelabuhan Tanjung Priok dilayari kapal besar dengan kapasitas 8500 TEUs, Minggu (9/4).

Kehadiran kapal kontainer tersebut merupakan hasil kerja sama PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dengan perusahaan pelayaran asal Perancis, Compagnie Maritime d'Affretement - Compagnie Generali Maritime (CMA-CGM).

"Saya atas nama pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan memberikan apresiasi kepada Pelindo II yang bisa bekerja sama dengan CMA-CGM. Ini merupakan satu prestasi, satu langkah quantum leap yang membanggakan," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

CMA-CGM membuka service baru, yakni Java South East Asia Express Services/ Java SEA Express Services/ JAX Services.

Service ini akan melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok ke West Coast (LA & Oakland) Amerika Serikat dengan menggunakan kapal berkapasitas 8.500 TEUs.

Adapun jumlah bongkar muat perdana untuk diangkut ke Amerika Serikat adalah sebanyak 2.300 TEUs dengan komoditas barang ekspor-impor, di mana sebagian dari muatan sebanyak 22 persen di antaranya merupakan barang-barang hasil transhipment dari sejumlah pelabuhan domestik di Indonesia.

Aktivitas bongkar muat direncanakan selesai dalam waktu 24 jam dengan menggunakan empat unit Gantry Luffing Crane (GLC).(chi/jpnn)

Untuk pertama kalinya, Pelabuhan Tanjung Priok dilayari kapal besar dengan kapasitas 8500 TEUs, Minggu (9/4).

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close