Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perempuan Punya Peran Strategis Atasi Kemiskinan

Senin, 14 Juni 2010 – 18:55 WIB
Perempuan Punya Peran Strategis Atasi Kemiskinan - JPNN.COM
JAKARTA - Menko Kesra Agung Laksono menyatakan bahwa kaum perempuan mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan pengangguran, terutama jika diberikan kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki. Melalui karya yang nyata disertai etos kerja dan produktifitas yang tinggi, kaum perempuan disebutkan dapat memutus mata rantai kemiskinan dan pengangguran. Hal itu dikatakan Agung, pada saat membuka Rakornas Pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak tahun 2010, di Hotel Horison, Bekasi, Senin (14/6).

Dijelaskan Agung, salah satu bukti nyata yang patut dibanggakan adalah terhadap kinerja nasabah perempuan dalam usaha kredit mikro. Bukan saja tingkat pengembaliannya yang sangat tinggi, tetapi juga ada banyak peran perempuan dalam akses kredit mikro serta penggunaannya. "Benefit yang diterima nasabah perempuan, biasanya akan digunakan pula untuk meningkatkan kualitas hidup keluarganya," ucap mantan Ketua DPR RI itu.

Selanjutnya, menurut Agung, kalau dilihat dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, ditekankan arti penting dalam upaya meningkatkan kesetaraan dan keadilan gender, dengan meningkatkan partisipasi aktif bagi kaum perempuan dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan program. Mulai dari tahap perencanaan, hingga pemantauan dan evaluasi program.

"Kalau perempuan diberikan kesempatan yang sama dengan kaum laki-laki, maka hasilnya akan jauh lebih baik. Untuk itu, upaya selanjutnya yang mesti kita lakukan, tentu menjamin kaum perempuan terutama di pedesaan, (agar) mampu mengakses dan memperoleh manfaat yang sama dan setara dengan kaum laki-laki dalam berbagai program, termasuk PNMPM mandiri maupun kredit usaha rakyat," ujarnya. (yud/jpnn)

JAKARTA - Menko Kesra Agung Laksono menyatakan bahwa kaum perempuan mempunyai peran yang sangat strategis dalam upaya penanggulangan kemiskinan dan

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close