Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringatan dari Prof Zhong Nanshan yang Perlu Diketahui Seluruh Penduduk Dunia

Sabtu, 19 September 2020 – 17:31 WIB
Peringatan dari Prof Zhong Nanshan yang Perlu Diketahui Seluruh Penduduk Dunia - JPNN.COM
Ilustrasi petugas memakamkan jenazah COVID-19, di TPU Pondok Ranggon, Jakarta, Selasa (8/9). Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja

jpnn.com, JAKARTA - Ahli penyakit pernapasan ternama di China Prof Zhong Nanshan memperkirakan 60-70 persen penduduk dunia akan terdampak COVID-19 dengan tingkat kematian mendekati tujuh persen.

Prof Zhong Nanshan yang merupakan ahli penyakit pernapasan ternama di China memperkirakan 60-70 persen penduduk dunia akan terdampak COVID-19, dengan tingkat kematian mendekati tujuh persen.

"Jika tidak ada intervensi, COVID-19 kemungkinan akan berdampak pada 60-70 persen populasi global, dengan tingkat kematian mendekati tujuh persen," katanya dikutip Global Times, Sabtu (19/9).

Pakar kesehatan kelahiran Nanjing, Provinsi Jiangsu, itu, juga mengatakan pasien yang terinfeksi COVID-19 lima hari sebelum dan lima hari sesudah munculnya gejala dengan disertai penyakit parah memiliki risiko kematian yang tinggi.

Pandemi itu juga masih akan terus berlangsung hingga musim dingin dan musim semi mendatang, kata ahli berusia 83 tahun itu, yang mencetuskan rekomendasi masa karantina 14 hari setelah mempelajari pola penularan COVID-19 di Wuhan.

Zhong juga menyarankan Pemerintah China untuk melakukan pencegahan dan pengendalian bersama masyarakat, memperluas jangkauan tes asam nukleat, melacak kontak dekat, dan mengisolasi pasien.

Kekebalan tubuh hanya bisa diperoleh melalui vaksinasi massal melalui kerja sama global dalam satu hingga dua tahun, kata sang profesor yang pernah mengalami pneumonia saat SARS mewabah di China pada 2003.

Sementara itu, Kementerian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi China, Jumat (18/9), menyebutkan 11 vaksin COVID-19 buatan dalam negeri telah memasuki uji klinis, empat di antaranya sudah memasuki tahap ketiga uji klinis.

Ahli penyakit pernapasan ternama di China Prof Zhong Nanshan menyampaikan peringatan terkait pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close