Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringatan Serius Ahli soal Transmisi Lokal Omicron, Semua Diminta Bersiap

Rabu, 29 Desember 2021 – 06:45 WIB
Peringatan Serius Ahli soal Transmisi Lokal Omicron, Semua Diminta Bersiap - JPNN.COM
Ahli menyebutkan semua pihak harus memberi perhatian khusus pada temuan transmisi lokal Omicron. Foto: Ilustrasi/Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Profesor bidang Pulmonologi & Kedokteran Respirasi, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia Tjandra Yoga Aditama mengatakan terdeteksinya transmisi lokal Omicron harus menjadi perhatian.

"Sekarang sudah resmi adanya penularan lokal di masyarakat, dan ini harus dibatasi sedapat mungkin, jangan makin menyebar luas," ujar Direktur Program Pasca Sarjana Universitas YARSI itu dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengungkapkan adanya satu kasus transmisi lokal varian Omicron di Indonesia. Pasien tersebut bahkan sempat makan di salah satu restoran di bilangan SCBD, Jakarta.

"Jadi, kegiatan test dan telusur harus dilakukan maksimal, mungkin seperti yang dilakukan pada Juni dan Juli 2021 yang lalu. Penggunaan aplikasi Peduli Lindungi untuk telusur seperti di luar negeri juga harus dilakukan," tegas Tjandra Yoga.

Menurut dia, pemerintah juga harus melakukan persiapan pada fasilitas kesehatan.

"Kesiapan fasilitas kesehatan harus dipergiat sejak sekarang, mulai dari pelayanan kesehatan primer seperti Puskesmas hingga rumah sakit," ucap Direktur Penyakit Menular, World Health Organization (WHO) – South East Asia Regional Office (SEARO), 2018-2020 itu.

Dia juga meminta pemerintah detail melaksanakan persiapan fasilitas kesehatan.

"Lalu, RS rujukan tertinggi, dalam bentuk tenaga kesehatan, ruang rawat, obat, oksigen, alat kesehatan, sistem informasi serta sistem rujukan," tegasnya.

Ahli menyebutkan semua pihak harus memberi perhatian khusus pada temuan transmisi lokal Omicron.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close