Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringatan Terbaru BMKG terkait Potensi Hujan Kilat, Angin Kencang, hingga Banjir

Minggu, 10 Oktober 2021 – 08:02 WIB
Peringatan Terbaru BMKG terkait Potensi Hujan Kilat, Angin Kencang, hingga Banjir - JPNN.COM
BMKG minta warga waspadai cuaca buruk. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia diimbau waspada terkait potensi cuaca buruk pada hari ini, Minggu (10/10).

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi pada hari ini.

Wilayah yang diprakirakan mengalami cuaca buruk tersebut seperti Provinsi Bengkulu, Jambi, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, dan Jawa Barat.

Kondisi serupa juga berpotensi terjadi di Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, Maluku, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat.

Sirkulasi siklonik terpantau di perairan barat Sumatera Utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Bengkulu hingga Kepulauan Mentawai.

Sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di Laut Banda sebelah barat Papua yang membentuk daerah konvergensi di perairan utara Kepulauan Aru.

Daerah konvergensi lainnya terpantau di Pulau Nias hingga Selat Malaka bagian tengah, dari Sulawesi Tenggara hingga Teluk Tomini, di Papua Barat dan di sepanjang Papua bagian tengah.

"Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di

Masyarakat di sejumlah wilayah Indonesia diimbau oleh BMKG untuk waspada terkait potensi cuaca buruk pada hari ini, Minggu (10/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close