Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringatan Waisak Bisa Menjadi Inspirasi Keberagaman yang Saling Menguatkan

Kamis, 23 Mei 2024 – 11:58 WIB
Peringatan Waisak Bisa Menjadi Inspirasi Keberagaman yang Saling Menguatkan - JPNN.COM
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto melepas lampion pada puncak perayaan Hari Raya Waisak 2019 di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Minggu (19/5) dini hari. Foto: DPP PDIP for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - PDI Perjuangan mengucapkan selamat Hari Trisuci Waisak pada 2024. Perayaan tahun ini diharapkan dirayakan dengan sukacita dan menyebarkan pesan kedamaian.

“Dengan merayakan Trisuci Waisak, PDI Perjuangan percaya bahwa spiritualitas yang membangun kesadaran budi pekerti, upaya menjaga keseimbangan seluruh alam raya, dan tekad menebar kebaikan melalui dharma agar semua makhluk berbahagia dapat semakin diwujudkan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangannya, Kamis (23/5).

Menurut dia, Hari Raya Waisak memperingati tiga peristiwa penting dalam kehidupan Buddha Gautama, yaitu kelahiran, pencapaian pencerahan sempurna, dan Parinirvana. Tiga peristiwa suci itu terjadi pada hari purnama sidi, bulan Waisak.

“Bulan purnama yang menyertai peringatan Trisuci Waisak penuh tradisi kontemplasi yang semakin memerkuat spiritualitas bangsa. Nusantara adalah negeri spiritual yang begitu kaya dengan tradisi yang begitu hidup guna menjabarkan kehendak Sang Pencipta dalam kehidupan anak bangsa yang toleran, dan kedepankan semangat ber-Bhinneka Tunggal Ika, sehingga tercipta keberagaman yang saling menguatkan," jelas Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu menilai terdapat banyak nasihat di balik perayaan Waisak dan tradisi perayaannya di Indonesia, terutama tentang perjalanan spiritual Siddhartha Gautama.

"Dan PDI Perjuangan sebagai rumah besar kaum nasionalis, menjadikan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa untuk dipraktikkan bersama dengan prinsip lainnya, khususnya kemanusiaan, persatuan-kebangsaan, musyawarah-mufakat, keadilan sosial," kata Hasto.

Hasto menambahkan agama mengajarkan agar menjauhkan diri dari berbagai tindakan yang memecah belah bangsa. Sebaliknya agama mengajarkan welas asih, budi pekerti, kerendahan hati, dan hasrat untuk selalu berbuat kebaikan bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara.

Hasto juga menyampaikan seluruh spirit dan makna yang terkandung dalam peringatan Waisak tahun ini juga memperkuat landasan spiritual PDI Perjuangan pada pelaksanaan Rakernas V partai dengan tema Satyam Eva Jayate.

Hasto menyampaikan seluruh spirit dan makna yang terkandung dalam peringatan Waisak landasan spiritual PDIP pada pelaksanaan Rakernas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close