Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati Hari Jalan 2023, Ditjen Bina Marga Gelar Beragam Kegiatan yang Inovatif

Senin, 18 Desember 2023 – 09:01 WIB
Peringati Hari Jalan 2023, Ditjen Bina Marga Gelar Beragam Kegiatan yang Inovatif - JPNN.COM
Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menyelenggarakan peringatan Hari Jalan 2023 dengan tema 'Konstruksi 4.0 untuk Penyelenggaraan Jalan yang Inovatif, Kolaboratif, dan Optimal'. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Kementerian PUPR

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga menyelenggarakan peringatan Hari Jalan 2023 dengan tema 'Konstruksi 4.0 untuk Penyelenggaraan Jalan yang Inovatif, Kolaboratif, dan Optimal'.

Hari Jalan yang diperingati setiap 20 Desember itu sekaligus menjadi momentum hadirnya konektivitas Jalan Tol Trans Jawa sejak 2018 silam yang tersambung dari Merak, Banten hingga Probolinggo, Jawa Timur.

Pada saat itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan tiga ruas Jalan Tol Trans Jawa seksi Jawa Tengah di Jembatan Kalikuto yang juga dikenal sebagai jembatan ikonik berwarna merah dengan konstruksi baja, di Kabupaten Batang.

Hal ini sekaligus menandai telah tersambungnya keseluruhan ruas tol dari Jakarta hingga Surabaya dan menjadi sejarah baru bagi transportasi Indonesia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan peringatan Hari Jalan sekaligus menjadi refleksi tentang pembangunan jalan nasional, provinsi, maupun kabupaten yang sudah dikerjakan agar terus semakin lebih baik lagi ke depan bagi masyarakat.

"Hal ini menjadi momentum untuk bersama-sama dalam meningkatkan semangat untuk membangun, menjaga, hingga memelihara infrastruktur jalan yang ada," ujar Menteri Basuki dalam keterangannya yang diterima, Senin (18/12).

Kehadiran konektivitas jalan di Indonesia memiliki peran penting yang terhubung antarwilayah di setiap pulau untuk kesejahteraan masyarakat.

Infrastruktur jalan turut serta berperan dalam memperlancar pendistribusian bahan kebutuhan pokok, mengurangi biaya logistik, menghubungkan kawasan produksi dengan kawasan distribusi, hingga membuka lapangan pekerjaan serta mengakselerasi nilai tambah bagi perekonomian rakyat.

Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR menggelar beragam kegiatan yang inovatif dalam memperingati Hari Jalan 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close