Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, KLHK & Warga Gelar Aksi Bersih Pantai

Sabtu, 08 Juni 2024 – 23:55 WIB
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024, KLHK & Warga Gelar Aksi Bersih Pantai - JPNN.COM
Warga Desa Teluk, Kabupaten Pandeglang, Banten ikut memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia Tahun 2024 dengan Aksi Bersih Pantai pada Jumat (7/6/2024). Foto: Humas KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Warga Desa Teluk, Kabupaten Pandeglang, Banten ikut memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia Tahun 2024 dengan Aksi Bersih Pantai pada Jumat (7/6/2024).

Aksi ini merupakan rangkaian peringatan HLH yang telah dimulai sejak tanggal 5 Mei 2024 sampai dengan 5 Juli 2024 dengan kolaborasi antarsektor, yaitu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dunia usaha, Pemerintah Provinsi Banten, Pemerintah Kabupaten Pandeglang, TNI, masyarakat, dan generasi muda.

Aksi bersih pantai merupakan program edukasi dan kampanye pelestarian pesisir laut kepada masyarakat.

Aksi ini melibatkan 576 peserta dan turut hadir secara langsung PJ Gubernur Banten dan Bupati Pandeglang.

Kehadiran mereka bertujuan memberikan dorongan kepada masyarakat setempat untuk tetap menjaga kebersihan pantai dan konsisten melakukan pengelolaan sampah.

Bupati Pandeglang Irna Narulita dalam sambutannya menyampaikan permasalahan utama adalah timbulan sampah di Pantai Labuan berasal dari daratan dan lautan.

Sumber daratan terjadi akibat kurang kesadaran dan belum adanya partisipasi aktif masyarakat untuk peduli dengan sampah. Sedangkan sumber lautan berasal dari pasang rob dan kejadian Tsunami tahun 2018.

Pemerintah Kabupaten Pandeglang, kata Bupati Irna Narulita, tidak hanya diam dan telah melakukan langkah perbaikan dengan menerapkan Tindak Pidana Ringan (Tipiring) dengan mewajibkan retribusi kepada masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

Warga Desa Teluk, Kabupaten Pandeglang, Banten ikut memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia Tahun 2024 dengan Aksi Bersih Pantai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close