Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati Haul Bung Karno di UM, Ahmad Basarah Berpesan Begini, Silakan Disimak

Rabu, 28 Juni 2023 – 09:39 WIB
Peringati Haul Bung Karno di UM, Ahmad Basarah Berpesan Begini, Silakan Disimak - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengingatkan bahwa di Abad 21 dan abad berikutnya, zaman terus berubah dan masyarakat akan berkembang. Foto: dok MPR

jpnn.com, MALANG - Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengingatkan bahwa di Abad 21 dan abad berikutnya, zaman terus berubah dan masyarakat akan berkembang.

Dia menilai sebagai ideologi bangsa, elastisitas Pancasila diuji oleh kesetiaan rakyat pendukungnya.  

‘’Saya ingatkan bahwa nilai-nilai yang berlaku di tengah masyarakat dunia juga berubah. Di sinilah Pancasila diuji, sejauhmana sila-sila yang terkandung di dalamnya tetap dihayati dan dijalankan oleh rakyat pendukung ideologi ini,’’ kata Ahmad Basarah dalam Sarasehan Nasional Pancasila dan Haul Bung Karno yang digelar oleh Universitas Negeri Malang, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (27/6). 

Dalam sarasehan berjudul ‘’Soekarno dan Pancasila di Abad 21’’ itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan dari daerah pemilihan Malang Raya itu menjelaskan mengapa Bulan Juni dimeriahkan sebagai ‘’Bulan Bung Karno’’.

Dia berpendapat, Juni dimeriahkan sebagai Bulan Bung Karno bukan hanya karena sang proklamator lahir, wafat, dan melahirkan Pancasila, teapi lebih penting lagi adalah memompakan ideologi Pancasila kepada semua generasi bangsa. 

‘’Jika Pancasila tidak kita pompakan terus-menerus ke tengah masyarakat, sangat mungkin elastisitas ideologi ini tak lagi kenyal berhadapan yang sangat mudah diakses di Internet, mulai dari komunisme, kapitalisme, sampai khilafah,’’ kata dia

Dia mencotohkan, desukarnoisasi yang pernah terjadi di masa lalu berhasil membuat stigma bahwa Bung Karno jauh dari umat Islam, sangat dekat dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Padahal, banyak kajian mengungkapkan pemikiran Bung Karno tentang sinergi antara Islam dan Pancasila yang melahirkan nasionalisme religius banyak diungkap oleh banyak akademisi. 

Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah mengingatkan bahwa di Abad 21 dan abad berikutnya, zaman terus berubah dan masyarakat akan berkembang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close