Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati HGN, Pemprov Jateng Puji Peran Penting Guru Ciptakan SDM Unggul

Minggu, 26 November 2023 – 15:40 WIB
Peringati HGN, Pemprov Jateng Puji Peran Penting Guru Ciptakan SDM Unggul - JPNN.COM
Sekdaprov Jateng Sumarno menyampaikan kata sambutan pada malam resepsi dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) ke-78 Provinsi Jateng di SMKN 1 Semarang, Sabtu (25/11/2023). Foto: Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah (Jateng) Sumarno menilai peran guru dalam menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul dan berkualitas sangat penting.

Pejabat eselon I Pemprov Jateng itu menegaskan guru juga punya andil besar dalam kebangkitan serta kemajuan suatu bangsa.

"Sangat besar peran guru karena mampu menciptakan sumber daya manusia yang unggul untuk Indonesia pada umumnya dan Jawa Tengah pada khususnya," ujar Sumarno saat menghadiri malam resepsi dalam rangka Hari Guru Nasional (HGN) ke-78 Provinsi Jateng di SMKN 1 Semarang, Sabtu (25/11/2023) malam.

Sumarno juga menyodorkan ilustrasi soal peran penting profesi guru bagi kemajuan bangsa. Dia mencontohkan cara Jepang memulihkan diri dan bangkit pascaserangan bom atom di Hiroshima dan Nagasaki pada 1945.

Saat itu, Kaisar Jepang Hirohito mengumpulkan rakyat dan menanyakan berapa jumlah guru yang masih ada. Selanjutnya, Jepang yang luluh lantak oleh bom justru mampu bangkit lebih cepat karena peran besar guru.

Oleh karena itu, Sumarno mengharapkan peringatan Hari Guru Nasional ke-78 menjadi momentum untuk introspeksi dalam rangka memajukan pendidikan di Jateng dan Indonesia.

Menurut dia, HGN merupakan momentum untuk memikirkan cara menciptakan SDM yang unggul dan meningkatkan kinerja dalam rangka mendidik generasi bangsa yang berkualitas.

"Kita juga melihat sejarah bangsa kita bahwa peran guru sangat luar biasa, bahkan mayoritas pejuang dan pahlawan Indonesia merupakan orang-orang yang mengenal dan mempunyai pendidikan tinggi," tutur Sumarno.

Sekdaprov Jateng Sumarno mencontohkan cara Jepang yang luluh lantak karena bom atom bisa cepat pulih dan bangkit karena mengutamakan guru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close