Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Peringati Kemerdekaan RI, PDIP Puji Dua Ilmuwan Indonesia Penemu Vaksin Corona

Selasa, 17 Agustus 2021 – 15:22 WIB
Peringati Kemerdekaan RI, PDIP Puji Dua Ilmuwan Indonesia Penemu Vaksin Corona - JPNN.COM
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan dua anggotanya, Ribka Tjiptaning dan Deddy Yevri Sitorus di Upacara Perayaan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI ke-76, Selasa (17/8). DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto memuji dua ilmuwan kesehatan Indonesia penemu vaksin Corona, di sela-sela Upacara Perayaan HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, Selasa (17/8).

Dua ilmuwan itu ialah Indra Rudiansyah dan Carina Citra Dewi Joe. "Ini membawa kebanggaan bagi kita," kata Hasto.

Politikus asal Yogyakarta itu mengajak rakyat Indonesia merefleksikan betapa Indonesia masih perlu bekerja lebih keras, khususnya dalam membangun kemandirian bidang kesehatan.

Hasto mengingatkan, Proklamator RI Soekarno berusaha membangun modernisasi Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan mengirim ribuan anak-anak muda bangsa ke luar negeri untuk belajar ilmu ilmu dasar, fisika, matematika, kimia, biologi, dan ilmu-ilmu logam.

Bahkan, ketika Presiden AS Gerald Ford hendak membangun pabrik mobil di Indonesia, Bung Karno menolak dan dengan dia bangga mengatakan biarkanlah pabrik mobil itu nanti dibangun para insinyur-insinyur Indonesia yang akan kembali dari sekolah di luar negeri.

"Itu menunjukkan komitmen berdiri di atas kaki sendiri. Kini setelah 76 tahun kita merdeka, Paracetamol saja kita masih impor. Infus, cairan infus, kita masih impor. Padahal kita seharusnya mampu berdikari di atas kaki sendiri," kata Hasto Kristiyanto.

Dia juga menyebut di kalangan birokrasi, masih ada saja mental-mental yang terjajah oleh kepentingan asing sehingga lebih memilih produk-produk impor. Hal ini menurutnya penting menjadi perhatian agar semangat berdikari itu menjadi yang utama.

"Saat ini menjadi momentum kita di tengah pandemi Covid-19, agar kita benar benar berdikari sebagaimana yang diperjuangkan Bung Karno," tegasnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto memuji dua ilmuwan kesehatan Indonesia, Indra Rudiansyah dan Carina Citra Dewi Joe yang ikut menemukan vaksin Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close