Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Periset BRIN: Yang Kuasai AI pada 2030 Akan Pimpin Dunia hingga 2100

Jumat, 25 Februari 2022 – 11:45 WIB
Periset BRIN: Yang Kuasai AI pada 2030 Akan Pimpin Dunia hingga 2100 - JPNN.COM
Perekayasa Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Hammam Riza Jusuf. Foto: tangkapan layar dari laman BRIN

jpnn.com, ACEH - Kecerdasan artifisial (artificial Intellegence atau AI) kini banyak memengaruhi kehidupan sekaligus memudahkan pekerjaan manusia.

Perekayasa Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Hammam Riza Jusuf menyatakan, kecerdasan artifisal merupakan lompatan inovasi teknologi menuju masa depan Indonesia.

“Siapa yang memimpin AI pada 2030, akan memimpin dunia hingga 2100. AI menjadi unsur peningkatan daya saing sebuah negara,” ungkap Hammam sebagaimana dilansir dari laman BRIN.

Hal itu dikatakannya saat memberikan orasi ilmiah pada Sidang Terbuka Senat Universitas Syiah Kuala (USK) dalam Rangka Pengukuhan Profesor di Banda Aceh, Senin (21/2).

Hammam mengungkapkan bahwa banyak negara yang terus mengembangkan kecerdasan AI untuk menguasai dunia, termasuk Indonesia.

Pada 2020, BRIN bersama quad helix dari berbagai institusi pemerintah, universitas, termasuk USK, komunitas, dan industri berhasil merumuskan Strategi Nasional Kecerdasan Artifisial Indonesia 2020–2045.

“Rumusan ini menjadi arah kebijakan nasional untuk kesiapsiagaan dan perencanaan nasional agar mampu memanfaatkan secara optimal perkembangan teknologi AI di tanah air,” ucap Hammam.

Pria yang baru dikukuhkan sebagai profesor tidak tetap bidang kecerdasan artifisal di USK ini berhasil menerapkan beberapa hasil kajian mengenai AI.

Perekayasa Ahli Utama BRIN Hammam Riza Jusuf mengungkapkan bahwa banyak negara yang terus mengembangkan kecerdasan AI untuk menguasai dunia, termasuk Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close