Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perjalanan Menyesakkan Dada demi Bangkai Kapal Titanic

Jumat, 23 Juni 2023 – 23:50 WIB
Perjalanan Menyesakkan Dada demi Bangkai Kapal Titanic - JPNN.COM
Kapal selam Titan yang digunakan untuk melakukan ekspedisi ke bangkai Titanic dirancang untuk lima orang hingga kedalaman 4.000 meter. ()

Samudra Atlantik Utara, tempat kapal selam Titan diluncurkan untuk perjalanan wisata melihat bangkai kapal Titanic, sangat menantang dan tidak ramah.

Kondisi ini bahkan sudah terasa sebelum Anda menjelajah ke bawah permukaan laut.

Ikuti perjalanan sejauh 3.800 meter untuk memahami mengapa berwisata melihat kapal bangkai Titanic jarang dilakukan, karena penuh bahaya.

Tantangan besar pertama dalam ekspedisi laut dalam adalah menurunkan kapal selam dari geladak kapal ke dalam air, semuanya bisa bergerak tak terduga akibat ombak. Biasanya penggunaan 'crane' atau derek jadi jawabannya.

Namun dalam kasus ini, Titan diturunkan ke dalam air di atas sebuah "alas", lalu penyelam melepaskan klipnya setelah kapal selam berada di bawah air.

Di permukaan Bumi, Anda mengalami tekanan sebesar satu atmosfer. Namun di dalam laut, tekanannya meningkat menjadi satu atmosfer untuk setiap kedalaman 10 meter.

Jadi dalam kedalaman 200 meter di bawah air, tekanannya sudah 20 kali lebih besar daripada di atas air laut Sebagai perbandingan, tekanan di dalam ban mobil kira-kira hanya dua kali lipat tekanan yang kita rasakan di permukaan.

Tekanan intensif ini adalah risiko paling berbahaya bagi misi ke dasar laut.

Samudra Atlantik Utara, tempat kapal selam Titan diluncurkan untuk perjalanan wisata melihat bangkai kapal Titanic, sangat menantang dan tidak ramah

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close