Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perkuat Daya Tahan Kelas Menengah, Aloshop Mendukung Penuh WiraMuda Academy

Sabtu, 28 September 2024 – 17:40 WIB
Perkuat Daya Tahan Kelas Menengah, Aloshop Mendukung Penuh WiraMuda Academy - JPNN.COM
Peserta WiraMuda Academy sebagai solusi bagi Generasi Emas 2045 merupakan program kerja sama Kemenpora RI dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI). Foto: Aloshop Indonesia

jpnn.com, JAKARTA - Struktur ekonomi Indonesia yang rapuh merupakan faktor utama penyebab jumlah kelas menengah terus menurun secara signifikan.

Dari data BPS (Badan Pusat Statistik) menunjukkan adanya selisih penurunan yang cukup substansial pada proporsi kelas menengah sebesar 9,48 juta jiwa, dari 57,33 juta jiwa pada 2019 menjadi 47,85 juta jiwa pada 2024.

Sektor perdagangan adalah sektor paling terdampak yang terpaksa harus menghadapi daya saing produk lokal karena masuknya perang dagang negara maju/MEDC (More Economically Developed Country).

Hal ini diketahui sebagai penyebab utama penurunan pendapatan masyarakat akibat terdampak dari keputusan tempat mereka bekerja dalam mengurangi jumlah jam kerja pegawainya dan secara ekstrem bahkan harus melakukan PHK.

Hal ini sangatlah mempengaruhi daya beli hingga pola konsumsi masyarakat.

Kebijakan pemerintah yang komprehensif sangat diharapkan menjadi solusi guna mendukung lebih banyak masyarakat untuk tidak hanya sekadar mencari kerja saja, tetapi juga memiliki inisiatif untuk mulai berusaha membuka lapangan kerja sendiri dengan memfasilitasi masyarakat melalui program pendukung sekaligus pendamping yang bisa digunakan sebagai bekal mendirikan usaha.

Menjawab tantangan ini, WiraMuda Academy hadir sebagai solusi bagi Generasi Emas 2045. WiraMuda Academy adalah program kerja sama Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI).

Program kolaborasi ini termasuk ke dalam Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kemendikbudristek.

WiraMuda Academy hadir sebagai solusi bagi Generasi Emas 2045 yang merupakan kerja sama program antara Kemenpora dan Kemendikbudristek.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA