Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perkuat Pengawasan, Bea Cukai Jalin Sinergi Lingkup Nasional Hingga Internasional

Jumat, 22 September 2023 – 16:28 WIB
Perkuat Pengawasan, Bea Cukai Jalin Sinergi Lingkup Nasional Hingga Internasional - JPNN.COM
Bea Cukai bersama berbagai instansi dan aparat penegak hukum (APH) lainnya terus melakukan upaya sinergi. Foto: dok Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Dalam upaya meningkatkan kualitas pengawasan, Bea Cukai bersama berbagai instansi dan aparat penegak hukum (APH) lainnya terus melakukan upaya sinergi.

Tidak hanya dalam lingkup nasional, sinergi pun dilakukan Bea Cukai dengan otoritas kepabeanan dari negara lainnya.

Di Medan, Bea Cukai Belawan melaksanakan asistensi Pelatihan Teknis Klasifikasi, Identifikasi Barang, dan Nilai Pabean untuk pegawai Timor Leste Customs Authority pada Selasa (19/9).

Dalam pelatihan ini disampaikan beberapa hal mendalam tentang klasifikasi barang, identifikasi barang, dan penilaian pabean, serta pemahaman yang komprehensif tentang berbagai aspek penting dalam proses kepabeanan dan cukai, termasuk regulasi dan aturan yang relevan.

“Pelatihan ini diharapkan mampu berkontribusi positif dalam pelaksanaan transfer ilmu bagi Timor Leste Customs Authority. Kegiatan ini juga memperkuat kerja sama antara Timor Leste Customs Authority dan Bea Cukai dalam upaya menjaga keamanan perbatasan,” kata Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar.

Para peserta pun berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke beberapa lokasi di Pelabuhan Belawan, antara lain ke tempat penimbunan kontainer, tempat pemeriksaan fisik barang, dan ruang pemeriksaan dokumen.

"Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses-proses pemeriksaan yang berlangsung di lapangan," tuturnya.

Selanjutnya, dalam rangka pertukaran informasi keamanan dan keselamatan laut di wilayah Kota Banjarmasin, Direktorat Data dan Informasi Bakamla RI melakukan kunjungan ke Kantor Bea Cukai Banjarmasin, Rabu (20/9).

Bea Cukai bersama berbagai instansi dan aparat penegak hukum (APH) lainnya terus melakukan upaya sinergi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close