Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perkuat UMKM, Misbakhun Gandeng BI Temui Konstituen

Jumat, 06 Maret 2020 – 21:21 WIB
Perkuat UMKM, Misbakhun Gandeng BI Temui Konstituen - JPNN.COM
Anggota Komisi XI DPR M Misbakhun dalam sosialisasi bertema 'Sistem Pembayaran Digital Sebagai Pendorong Pengembangan Bisnis UMKM' di Kabupaten Probolinggo, Kamis (5/3). Foto: dokumentasi pribadi

jpnn.com, PROBOLINGGO - Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun terus mendorong penguatan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Politikus Partai Golkar itu menegaskan, UMKM sebagai penopang perekonomian nasional sudah berkali-kali terbukti paling kuat dalam menghadapi krisis.

Untuk itu pula Misbakhun pada Kamis (5/3) mengajak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Malang mengunjungi wilayah Probolinggo, Jawa Timur untuk menemui konstituennya yang juga para pelaku UMKM. Bersama OJK, wakil rakyat asal Pasuruan itu menggelar penyuluhan bertema Peran Otoritas Jasa Keuangan dalam Meningkatkan Akses Permodalan bagi UMKM di kota Probolinggo.

Adapun dengan menggandeng BI, Misbakhun menggelar sosialisasi bertema Sistem Pembayaran Digital untuk Peningkatan sebagai Pendorong Pengembangan Bisnis UMKM di Kabupaten Probolinggo. Pada sosialisasi itu Misbakhun mengatakan, UMKM terbukti memiliki daya tahan lebih ketimbang perusahaan besar yang sangat terpengaruh kondisi global.

"UMKM merupakan struktur ekonomi terkuat dalam menghadapi kondisi ekonomi rawan," kata Misbakhun dalam sosialisasi yang dihadiri juga oleh Kepala Kantor Perwakilan BI (Bank Indonesia) Malang Azka Subhan itu.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) II Jawa Timur yang meliputi Pasuruan dan Probolinggo itu menambahkan, UMKM merupakan sektor ekonomi yang langsung melibatkan masyarakat dan memiliki daya dukung kuat. "Sehingga UMKM memiliki ketahanan ekonomi yang lebih kuat dalam menghadapi ketidakpastian ekonomi global," tegas mantan influencer Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin itu.

Adapun Azka Subhan mengatakan, pihaknya mempunyai perhatian khusus dalam penguatan UMKM. Menurutnya, BI memiliki program yang memprioritaskan pelaku UMKM.

“Kami harapkan pelaku UMKM mengetahui mekanisme bantuan penguatan yang diprogramkan oleh BI melalui sosialisasi seperti ini," kata Azka.

Di sela sosialisasi, Misbakhun bersama BI Perwakilan Malang menyambangi Kecamatan Pajarakan untuk menyerahkan bantuan kepada korban banjir. “Saya selaku Anggota DPR yang mewakili wilayah ini (Probolinggo) bersimpati atas terjadinya musibah banjir. Saya menggandeng Bank Indonesia untuk hadir dan melihat langsung kondisi korban banjir di sini sebagai bentuk sinergisitas BI dan DPR," kata Misbakhun.(boy/jpnn)

Anggota Komisi XI DPR Mukhamad Misbakhun menyatakan bahwa UMKM terbukti memiliki daya tahan lebih ketimbang perusahaan besar yang sangat terpengaruh kondisi global.

Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close