Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perlu Ada Komisi Khusus Urusi Ormas

Sabtu, 18 Februari 2012 – 14:34 WIB
Perlu Ada Komisi Khusus Urusi Ormas - JPNN.COM
JAKARTA - Ribut-ribut soal Front Pembela Islam (FPI) tidak bisa semata dilihat dari aksi kekerasan yang muncul. Sekretaris Jenderal Ikatan Sosiologi Indonesia,

Tri Pranadji, mengatakan, yang lebih penting lagi adalah mencari akar masalah yang menjadi pemicu munculnya gerakan model FPI.

Dia membandingkan aksi kekerasan yang dilakukan FPI beberapa kali, dengan suporter sepak bola yang tiba-tiba ngamuk. Kerap kali yang dibahas hanya soal ngamuknya suporter itu, tapi tak ditelisik mengapa suporter ngamuk.

"Akar masalah tak dibahas, orang berkelahi karena apa. Di sepak bola juga ada kekerasan. Mungkin karena ada pemain yang ditakling keras, wasit tak melihat," ujar Tri Pranadji, yang juga tenaga ahli kemendagri dalam pembahasan RUU ormas sebagai revisi UU Nomor 8 Tahun 1985 tentang ormas, saat bicara di diskusi bertema UU Ormas di Warung Daun, Cikini, Jakarta, Sabtu (18/2).

Menurutnya, yang muncul di publik saat ini adalah pertarungan opini antara kelompok masyarakat yang menghendaki pembubaran FPI, dan FPI yang juga punya hak untuk melakukan counter opini itu. Nah, mestinya, persoalan ini harus dikembalikan ke aspek hukum, yang mengenai ormas.

JAKARTA - Ribut-ribut soal Front Pembela Islam (FPI) tidak bisa semata dilihat dari aksi kekerasan yang muncul. Sekretaris Jenderal Ikatan Sosiologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close