Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Permudah Akses Pelayaran di IKN, BKI Berkolaborasi dengan PT DLU

Rabu, 22 Mei 2024 – 20:58 WIB
Permudah Akses Pelayaran di IKN, BKI Berkolaborasi dengan PT DLU - JPNN.COM
Presiden Jokowi saat meninjau lokasi ibu kota negara atau IKN yang baru.Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT BKI Berkolaborasi dengan PT. Dharma Lautan Utama (DLU) dalam membuka akses pelayaran rute Surabaya-Donggala-Balikpapan untuk mempermudah akses di IKN.

Terlebih, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur masih membutuhkan percepatan arus logistik melalui sektor laut.

Owners PT DLU, Bambang Haryo Soekartono (BHS), menuturkan sebetulnya rute Surabaya-Balik Papan ini sudah ada sejak tahun 2.000-an, namun manajemen DLU merubah posisi kapal yang membutuhkan ukuran yang lebih besar.

”Itu semua untuk menunjang antisipasi IKN, makanya kami menyiapkan kapal ini, karena selain yang bisa menampung logistik dan orang juga punya kecepatan yang tinggi,” tutur BHS.

BHS juga menyampaikan terima kasih kepada Menhub Budi karya Sumadi yang sudah meresmikan kapal Dharma Kencana V ( yang merupakan kapal ke 48).

“Ini pertama kali kapal kita diresmikan oleh Bapak Menteri Perhubungan, ini bagi kami sejarah untuk PT DLU, saya haturkan sembahnuwun atas rawuhnya bersama Bapak Dirjen Hubla,” ungkapnya.

Sekedar info, kapal ini dibangun di Jepang pada 2006 dan dioperasikan lagi di Indonesia.

Kapal ini merupakan kapal favorit di Jepang sebab efektif dan efisien dalam penggunaan BBM dan memiliki panjang 170 meter dan lebar 27 meter.

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur masih membutuhkan percepatan arus logistik melalui sektor laut.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close