Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pernyataan Tegas Menhan Ryamizard Ryacudu soal Kasus Papua

Kamis, 10 Oktober 2019 – 12:52 WIB
Pernyataan Tegas Menhan Ryamizard Ryacudu soal Kasus Papua - JPNN.COM
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAYAPURA - Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu Jenderal TNI Purn Ryamizard Ryacudu menegaskan Papua merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Karena itu, Papua sebagai bagian dari NKRI tidak perlu diperdebatkan lagi.

"Mari kita bangun Papua tercinta ini menuju masyarakat yang adil makmur dan sentosa didalam wadah NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," kata Menhan Ryamizard saat menyapa Masyarakat Papua dan Papua Barat, di Mega Futsal, Abepura, Jayapura, Papua, Kamis (10/10).

Sebelumnya, Menhan Ryamizard sempat bertemu dengan tokoh adat dari tujuh wilayah di Papua dan Papua Barat.

Dijelaskan Ryamizard, sejak Proklamasi Kemerdekaan 1945, semua wilayah jajahan Belanda diambil alih oleh pemerintah Indonesia yang sah, termasuk Papua.

Walaupun pada saat itu penyerahan Papua ke tangan Indonesia sempat tertunda oleh pemerintah Belanda akibat adanya kepentingan dari pihak Belanda. Kemudian Papua baru kembali ke pangkuan Indonesia pada tahun 1962 dengan New York Agreement yang kemudian disahkan oleh PBB tahun 1969 melalui Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat) yang hasilnya 100 persen rakyat Papua menginginkan untuk tetap menjadi bagian integral dari Indonesia.

"Sekarang saatnya kita membangun bangsa ini dan mengisi kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan pendahulu kita. Perkecil perbedaan dan perbesar persamaan, torang samua basudara, satu bangsa, satu tanah air, satu negara dan satu tujuan," kata mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ini.

Ditegaskan lagi bahwa Papua ini adalah bagian sah dari NKRI yang sudah berusia 74 tahun. "Ini tugas kita bersama. Sebagai duta-duta bela negara, saudara bertanggung jawab untuk menjaga keutuhan NKRI selamanya. Kobarkan terus di dada kalian NKRI dan Pancasila harga mati," kata Menhan Ryamizard.

Dikatakan Ryamizard, Indonesia telah selesai dengan dasar negara. Dia mengajak masyarakat Papua untuk memperkuat pesatuan untuk menyongsong masa depan dengan penuh harapan agar bangsa Indonesia tetap maju.

Menhan Ryamizard Ryacudu sempat bertemu dengan tokoh adat dari tujuh wilayah di Papua dan Papua Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close