Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Perpres Gaji dan Tunjangan PPPK Molor, Apakah Ini Penyebabnya?

Rabu, 09 September 2020 – 07:31 WIB
Perpres Gaji dan Tunjangan PPPK Molor, Apakah Ini Penyebabnya? - JPNN.COM
Anggota Komisi II DPR RI Teddy Setiadi minta pemerintah memperjelas sumber anggaran gaji PPPPK. Foto: tangkapan layar TV Parlemen

jpnn.com, JAKARTA - Komisi II DPR RI mendesak pemerintah untuk memperjelas sumber pembiayaan gaji dan tunjangan PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Apakah murni dari anggaran APBN atau sharing dengan pemerintah daerah.

"Harus jelas dulu ini sumber gajinya dari mana. Jangan sampai pusat membebani semuanya ke daerah. Sebab ini bisa membuat beban Pemda bertambah," kata aggota Komisi II DPR RI Teddy Setiadi dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta, Selasa (8/9).

Bila gaji PPPK dibebankan semua ke daerah, lanjutnya, bisa dipastikan akan banyak yang memilih merekrut CPNS karena dananya dari APBN.

Padahal posisi PPPK dan PNS dalam UU Aparatur Sipil Negara (ASN) sama. Otomatis sumber gaji dan tunjangannya dari APBN/APBD.

Kalau kemudian, gaji dan tunjangan PPPK ini dibebankan sepenuhnya kepada Pemda akan bermasalah dalam pelaksanaannya.

Dalam rekrutmen PPPK tahap I pada Februari 2019 tidak semua pemda membuka rekrutmen karena khawatir tidak mampu menggaji. Padahal di daerah banyak honorer K2.

"Jadi soal sumber pembiayaan ini harus diperjelas dulu. Apakah sumber pembiayaan PPPK ini sama dengan PNS atau tidak. Saya khawatir jangan-jangan Perpres tentang Penggajian dan Tunjangan PPPK ini lambat penetapannya karena belum clear sumber pembiayaannya," terangnya.

Komisi II DPR RI mendesak pemerintah memperjelas sumber anggaran gaji dan tunjangan PPPK.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close