Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Persediaan Melimpah, Sudrajat Tolak Kebijakan Impor Beras, Enggak Butuh

Jumat, 26 Maret 2021 – 02:25 WIB
Persediaan Melimpah, Sudrajat Tolak Kebijakan Impor Beras, Enggak Butuh - JPNN.COM
Susi Pudjiastuti terus menyerukan penolakannya terhadap rencana pemerintah untuk melakukan impor beras. Ilustrasi: Ricardo/jpnn

jpnn.com, SUKABUMI - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat Sudrajat menolak rencana impor beras dan masuknya beras luar negeri ke daerahnya.

Sebab, katanya, persediaan beras di Sukabumi melimpah dan produksi pertanian padi daerah itu selalu surplus hingga ratusan ribu ton tiap tahun.

"Kami tegas menolak rencana impor beras. Kami nilai Kabupaten Sukabumi tidak membutuhkan beras dari impor," kata Sudrajat di Sukabumi, Kamis (25/3).

Dia menyodorkan alasan menolak impor beras yang direncanakan pemerintah pusat. Salah satunya, luasan sawah padi yang panen pada Februari 2020 mencapai 40.650 hektare.

Dari setiap hektare tersebut menghasilkan gabah kering giling (GKG) sekitar 5,8 hingga enam ton, dan dari GKG diproses menjadi beras rata-rata berkurang 30 persen.

Oleh karena itu Sudrajat memastikan persediaan beras melimpah karena produksi beras lebih tinggi dibanding angka kebutuhan warga Kabupaten Sukabumi yang rata-rata tiap bulannya hanya sekitar 21 ribu ton.

Belum lagi pada Maret 2021, luasan tanaman padi yang panen diprediksi mencapai 26 ribu hektare, sehingga akan menambah persediaan beras, bahkan bisa menyuplai beberapa daerah lain.

Selain itu, setiap tahunnya surplus beras Sukabumi mencapai 350 ribu ton hingga 400 ribu ton.

Sudrajat menolak keras rencana pemerintah melakukan impor beras di saat stok melimpah dan petani panen raya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close