Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Ancang-ancang Turunkan Harga BBM Nonsubsidi

Senin, 23 Maret 2020 – 11:44 WIB
Pertamina Ancang-ancang Turunkan Harga BBM Nonsubsidi - JPNN.COM
SPBU. ILUSTRASI. Foto: Malut Pos/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) membuka kemungkinan menurunkan harga BBM non-subsidi jika harga minyak dunia tetap di posisi rendah sampai akhir bulan ini.

"Jika sampai akhir bulan ini harga minyak dunia tetap di posisi rendah, maka dimungkinkan bagi Pertamina untuk melakukan penyesuaian harga BBM non-subsidi," kata VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (23/3).

Dijelaskan, harga BBM ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain harga minyak dunia, nilai tukar rupiah terhadap dolar, dan inflasi.

Perhitungan harga jual BBM non-Subsidi dan Non-Penugasan ditetapkan Pertamina periodik bulanan dengan mempertimbangkan salah satunya adalah perkembangan harga minyak dan harga BBM di pasaran.

Adapun untuk harga BBM subsidi dan penugasan adalah kewenangan pemerintah untuk penetapan harga jualnya.

Pertamina sudah melakukan penurunan harga BBM non-subsidi sejak Februari lalu dan harga BBM Pertamina yang berlaku saat ini masih kompetitif (lebih rendah dari harga penjual BBM lainnya).

Ia menjelaskan, Pertamina terus memantau pergerakan harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah terhadap dolar sebagai faktor utama yang menentukan harga BBM.

Harga jual BBM non-subsidi Pertamina di SPBU saat ini adalah:

Jika harga minyak dunia tetap di posisi rendah sampai akhir bulan ini, Pertamina buka peluang harga BBM nonsubsidi turun.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close