Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Pertamina Beri Hibah Alat Produksi Dapur Sehat bagi Penderes

Rabu, 03 Januari 2024 – 20:03 WIB
Pertamina Beri Hibah Alat Produksi Dapur Sehat bagi Penderes - JPNN.COM
Gedung Pertamina. Foto: Dokumentasi Pertamina

jpnn.com, JAKARTA - PT Pertamina pada akhir Desember 2023 memberikan hibah alat produksi senilai Rp 100 juta untuk pemenang kompetisi pembinaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Pertamina, yakni Pertapreneur Aggregator 2023.

CV Bunga Palm, sebagai Juara 1 kompetisi Pertapreneur ini, akan menggunakan alat produksinya tersebut untuk program dapur sehat bagi ratusan penderes gula semut untuk mendorong peningkatan kualitas gula semut sehingga layak ekspor.

Pertapreneur Aggregator adalah program pembinaan Pertamina bagi UMKM untuk menjadi UMKM Kolaborator, atau UMKM binaan yang dapat membina UMKM lainnya dengan membangun jejaring kolaborasi antar UMKM di sekitarnya.

Program berantai ini diharapkan bisa saling memajukan UMKM, sehingga pengusaha mampu mandiri dan berdaya saing, hingga pada akhirnya memajukan perekonomian masyarakat dan daerah.

“Program Pertapreneur Aggregator Pertamina yang memasuki tahun kedua ini merupakan bentuk pembinaan untuk mendorong UMKM menjalin kolaborasi dalam berbagi ilmu, berkembang serta memperluas jaringan dan pasar, yang pada akhirnya mewujudkan pemberdayaan ekonomi berkelanjutan,” ujar Vice President Corporate Communication PT Pertamina Fadjar Djoko Santoso.

Fadjar menjelaskan, untuk mengikuti program Pertapreneur Aggregator, UMKM binaan Pertamina harus bisa mandiri dan mampu memberdayakan komunitas sekitarnya.

Hal ini tercermin dari syarat mengikuti Pertapreneur Agregator, yakni UMKM binaan Pertamina memiliki omset minimal Rp 50 juta per bulan dan telah memberdayakan minimal 3 UMKM.

Pada program tahun ini, Pertamina menerima 243 usulan proposal dari UMKM binaan.

Pertapreneur Aggregator adalah program pembinaan Pertamina bagi UMKM untuk menjadi UMKM Kolaborator, atau UMKM binaan yang dapat membina UMKM lainnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close